Persela vs Persebaya: Ujian Mental di Surajaya

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Lawan berat sudah menanti Persebaya di pekan ke-2 Liga 1 2018. Usai menang atas Perseru di laga pembuka, Persebaya harus melakoni laga tandang ke Stadion Surajaya kandang Persela Lamongan. Surajaya pun akan menjadi ujian mental bagi skuat Bajul Ijo dalam misinya mempertahankan tren positif di awal kompetisi.

Meski mampu menang atas Perseru di pekan pertama, penampilan Persebaya masih jauh dari kata memuaskan. Menciptakan cukup banyak peluang ke gawang lawan namun hanya bisa mencetak satu gol, pekerjaan rumah Alfredo Vera selaku juru taktik Bajul Ijo tentu ada pada barisan penyerangnya.

Dituntut tampil lebih tajam di kandang Persela, Persebaya mendapat kabar baik setelah penyerang anyar David da Silva siap dimainkan untuk laga ini. Pelatih Alfredo Vera pun mengkonfirmasi bahwa Da Silva berpeluang tampil menghadapi Persela. Kehadiran David da Silva tentu akan menambah opsi di lini depan Bajul Ijo yang selama ini hanya bergantung pada Rishadi Fauzi dan Riky Kayame.

Performa angin-anginan Rishadi ketika jumpa Perseru membuat Kayame berpeluang menjadi starter dalam laga ini. Kayame punya kecepatan dan kemampuan olah bola yang mumpuni. Bersama Ferinando Pahabol dan Irfan Jaya, eksplosivitas penyerang asal Papua itu akan sangat berguna untuk membongkar pertahanan Persela. Atau, Alfredo membuat kejutan dengan langsung memainkan David da Silva.

Iklan
BACA:  Hasil dan Klasemen Liga 1 Pekan 20

Selain menuntut para juru gedornya untuk bisa tampil lebih tajam, Alfredo juga sekali lagi akan berharap pada tuah Robertino Pugliara. Sempat diragukan kualitasnya ketika datang ke Persebaya, Robertino kini menjelma menjadi sumber kreativitas di lini tengah Persebaya.

Ketika mengalahkan Perseru pekan lalu, Robertino tampil impresif di sektor tengah Bajul Ijo. Selain menjadi pahlawan kemenangan Persebaya berkat gol semata wayangnya, gelandang serang asal Argentina itu juga beberapa kali menciptakan peluang matang. Aksi magis Robertino diharapkan kembali hadir pada pertandingan ini.

Sementara itu dari kubu tuan rumah, Persela berambisi menebus kekalahan pada pekan pertama lalu. Kalah dari Persipura di pertandingan pembuka membuat Laskra Joko Tingkir membidik laga kandang sebagai momentum kebangkitan. Namun asa Persela untuk bangkit tidaklah mudah.

Sama seperti Persebaya, skuat asuhan Aji Santoso itu juga memiliki masalah terkait penyelesaian akhir. Usai takluk di kandang Persipura, Aji menyebut bahwa timnya terlalu banyak membuang-buang peluang. Ia pun berharap bahwa para penyeranng Persela bisa tampil optimal kala jumpa Persebaya.

Harapan gol Persela berada pada Loris Arnaud. Penyerang asal Perancis itu belum menunjukkan performa kala Laskar Joko Tingkir takluk dari Persipura. Kini Arnaud punya kesempatan untuk unjuk gigi di depan pendukung Persela.

BACA:  Di Bursa Transfer, Banyak Klub Indonesia Bersikap Amatir

Selain Loris Arnaud, Persela juga menyimpan potensi bahaya dalam sosok Fahmi Al Ayyubi dan Saddil Ramdani. Penampilan Fahmi cukup menyita perhatian musim lalu. Sedangkan Saddil sudah kembali bergabung dengan skuat Persela. Kedua winger lincah tersebut akan mendapatkan dukungan dari Shohei Matsunaga dari lini kedua Persela.

Berlaga di rumah sendiri, Persela tentu tak ingin membuang kesempatan untuk meraih poin penuh. Sedangkan bagi Persebaya, bertanding di Surajaya pasti bukan perkara mudah. Mental skuat Bajul Ijo benar-benar akan diuji di laga ini. Berhadapan dengan Persela dan tekanan dari pendukung tuan rumah, Persebaya wajib bermain tenang serta efektif dalam memanfaatkan peluang. Meski sulit, namun meraih poin di Surajaya bukanlah misi mustahil. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persela vs Persebaya:

Persela (4-3-3): Muhammad Ridwan (PG); Birrul Walidain (C), Jodi Kustiawan, Arif Satria, Samsul Arifin (B); Syahroni, Diego Assis, Shohei Matsunaga (T); Fahmi Al Ayyubi, Loris Arnaud, Saddil Ramdani (D)
Pelatih: Aji Santoso

Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kelvan (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Adam Maulana, Misbakus Solikin (C), Robertino Pugliara (T); Irfan Jaya, Riky Kayame, Ferinando Pahabol (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display