Tahan Seri Persela, Persebaya Puncaki Klasemen

David da Silva merayakan golnya ke gawang Persela. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya berhasil mencuri satu poin dalam lawatannya ke kandang Persela, Jumat (30/3). Sempat tertinggal oleh tuan rumah melalui gol Diego Assis pada menit ke-56, Bajul Ijo mampu menyamakan kedudukan setelah David da Silva mencetak gol balasan pada menit ke-69.

Laga Persela menjamu Persebaya yang merupakan lanjutan Liga 1 pekan ke-2 berlangsung menarik. Baik Persela maupun Persebaya langsung tampil menggebrak sejak awal laga.

Pertandingan baru berlangsung dua menit, Persebaya membuka peluang melalui aksi solo run Irfan Jaya. Namun tendangan Irfan melebar di sisi kanan gawang tuan rumah yang dijaga Dwi Kuswanto.

Selang dua menit dari peluang Irfan Jaya, giliran Persela yang memperoleh Persela. Aksi bintang muda Laskar Joko Tingkir, Saddil Ramdani, berhasil membongkar pertahanan Bajul Ijo. Sayang sekali, eksekusi Saddil melebar tipis di sebelah kanan gawang Miswar Saputra.

Iklan

Jual beli serangan antara Persela dan Persebaya di sepuluh menit babak pertama kembali berlanjut. Menit ke-7, Persebaya memperoleh peluang bersih melalui Robertino Pugliara. Tetapi sundulan Robertino dari dalam kotak penalti Persela masih terlalu lemah sehingga mudah diamankan Dwi Kuswanto.

BACA:  Usai Benahi Pertahanan, Alfredo Asah Visi Bermain dan Finishing

Rishadi Fauzi yang mendapat kawalan ketat dari bek Persela melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-21. Namun lagi-lagi Dwi Kuswanto dengan cekatan mampu mengamankan gawang tuan rumah.

Meski menguasai jalannya pertandingan, namun Persebaya gagal mencetak gol ke gawang Persela di babak pertama. Buruknya penyelesaian akhir lagi-lagi menjadi penyebab mandulnya lini serang Persebaya. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Persela yang bermain di hadapan pendukung sendiri mencoba mengambil alih inisiatif serangan. Hasilnya, Diego Assis berhasil membuka keunggulan Laskar Joko Tingkir.

Berawal dari penetrasi Saddil Ramdani di sektor kanan pertahanan Persebaya, anggota timnas Indonesia U-23 tersebut mengirim umpan cutback yang disambut eksekusi sempurna Diego Assis. Menit ke-56, Persela unggul satu gol atas tamunya Persebaya.

Tertinggal satu gol oleh Persela, Persebaya mencoba meningkatkan intensitas serangan. Penyerang baru David da Silva pun dimasukkan oleh Alfredo Vera. Sentuhan pertama Da Silva pada pertandingan ini nyaris berbuah gol andai saja tembakan jarak dekatnya tak mampu diamankan Dwi Kuswanto.

Keputusan Alfredo untuk memasukkan David da Silva akhirnya berbuah manis. Penyerang asal Brasil itu mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang ia cetak pada menit ke-69.

BACA:  Djanur Tak Permasalahkan Regulasi Pemain U-23

Menerima umpan chip Robertino Pugliara, Da Silva berhasil mengelabuhi Dwi Kuswanto. Dengan tenang, Da Silva menceploskan bola ke gawang Persela yang sudah kosong. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Masuknya David da Silva benar-benar membuat Persebaya tampil lebih tajam. Usai mencetak gol balasan, ia beberapa kali melepaskan tembakan tepat sasaran kke gawang Persela. Total Da Silva melepaskan tiga tembakan yang semuanya tepat mengarah ke gawang lawan.

Persebaya nyaris melakukan comeback sempurna andai saja tembakan keras Robertino di menit ke-85 tidak mengenai mistar gawang Persela.

Peluang Robertino tersebut menjadi peluang terakhir dalam pertandingan ini. Hingga wasit Hadiyana meniup peluit panjang tanda selesainya pertandingan, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Persebaya pun berhasil membawa pulang satu poin dari lawatannya ke Stadion Surajaya, Lamongan. Dengan hasil ini, Persebaya untuk sementara berada di puncak klasemen Liga 1 dengan koleksi empat poin dari dua pertandingan. (rvn)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display