Main Efektif, Barito Putera Taklukkan Persebaya

Proses gol Persebaya yang dicetak oleh Abu Rizal Maulana menit ke-16. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya gagal melanjutkan tren positif di pekan ketiga Liga 1. Bermain di kandang sendiri, Persebaya harus takluk dari tamunya Barito Putera dengan skor akhir 1-2. Sempat unggul terlebih dahulu melalui Abu Rizal pada menit ke-16, Barito mampu membalikkan keadaan melalui gol Douglas Packer menit ke-26 dan Paulo Sitanggang menit ke-70.

Babak pertama berjalan, Persebaya langsung mengambil inisiatif serangan. Tak perlu menunggu lama bagi Persebaya untuk menciptakan keunggulan. Abu Rizal yang melakukan overlap ke area kotak penalti Barito berhasil membuka keunggulan bagi tuan rumah.

Menerima umpan chip dari Nelson Alom, Rizal melepaskan tembakan parabolik yang tak mampu dijangkau oleh penjaga gawang Barito, Adhitya Harlan. Gol Abu Rizal pun membuat seisi Gelora Bung Tomo bergemuruh.

Meski tertinggal satu gol, Barito tetap bermain tenang. Mereka tak terburu-buru melakukan serangan ke lini pertahanan Persebaya. Justru tuan rumah lah yang kecolongan oleh serangan efektif Barito Putera pada menit ke-26.

Iklan
BACA:  Sponsor Utama Dan Hak Komersial Menjadi Bahasan Klub Liga 1

Melalui sebuah skema tendangan bebas di rusuk kiri pertahanan Bajul Ijo, Barito mampu menyamakan kedudukan. Umpan tendangan bebas Nazar Nurzadin disambut oleh flying header Douglas Packer yang bebas tak terkawal. Sundulan Packer tak mampu diantisipasi oleh Miswar Saputra. Skor pun menjadi sama kuat 1-1.

Babak kedua, Persebaya mencoba tampil lebih menyerang dengan memasukkan Riky Kayame menggantikan Fandi Eko Utomo yang tak bisa berbuat apa-apa di pertandingan ini. Terus menyerang, lini depan Green Force tak mampu membongkar pertahanan rapat Laskar Antasari. Buruknya penyelesaian akhir lagi-lagi menjadi masalah besar bagi Persebaya.

David da Silva dan Osvaldo Haay yang dipercaya bermain sejak menit pertama nyaris tak berkutik di laga ini. Bahkan, tidak ada satu pun tembakan ke gawang yang dilepaskan oleh para penyerang Persebaya. Da Silva pun akhirnya digantikan oleh Irfan Jaya.

Malapetaka akhirnya datang menghampiri kubu tuan rumah pada menit ke-70. Serangan balik Barito yang diinisiasi oleh Samsul Arif membuat Gavin Kwan dengan leluasa melepaskan umpan ke kotak penalti Persebaya. Umpan mendatar Gavin disambut secara sempurna oleh Paulo Sitanggang. Gol Sitanggang membuat Barito berbalik unggul 2-1 atas Persebaya.

BACA:  Persebaya Waspadai Tiga Pemain Depan Sriwijaya FC

Di sisa waktu yang tersisa, Persebaya terus berusaha mengejar ketertinggalan. Namun Barito terlanjur meningkatkan konsentrasi bertahan mereka. Usaha Persebaya untuk mengejar ketertinggalan semakin sulit karena Rachmat Irianto mengalami cedera. Di sisa delapan menit waktu normal, Persebaya harus bermain sepuluh pemain karena jatah pergantian pemain sudah habis.

Hingga waktu normal selesai, Persebaya tak mampu mengejar ketertinggalan. Bajul Ijo pun harus takluk di kandang sendiri untuk pertama kalinya di musim ini. Sedangkan bagi Barito, tim asuhan Jacksen F Tiago itu sukses mencatatkan kemenangan perdananya musim ini. Semakin spesial karena Barito Putera mampu meraih tiga poin perdana di kandang lawan. (rvn)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display