PS TIRA vs Persebaya: Ayo Bangkit!

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – PS TIRA dan Persebaya sama-sama sedang dalam kondisi terpuruk usai kalah di pertandingan sebelumnya. PS TIRA harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura dalam lawatannya ke Stadion Mandala pekan lalu. Sementara Persebaya baru saja dipermalukan tamunya Barito Putera di pertandingan pekan ketiga.

Sama-sama kalah di laga sebelumnya, PS TIRA dan Persebaya mengincar pertandingan pekan keempat Liga 1 sebagai momentum kebangkitan.

“Kami ingin usahakan menang. Kami ingin lihat bagaimana pertandingan, dan kami ingin cari kemenangan,” tegas pelatih Persebaya, Alfredo Vera.

Persebaya diwajibkan tampil habis-habisan di kandang PS TIRA. Jika kembali gagal meraih poin penuh, posisi Persebaya di tabel klasemen bisa saja semakin terancam. Namun usaha Persebaya untuk bangkit di Stadion Sultan Agung bakal menemui jalan terjal. Pasalnya, Green Force sedang dalam kondisi pincang setelah diterpa badai cedera.

Iklan

Tak hanya kehilangan poin penuh, laga kontra Barito Putera pekan lalu juga membuat Persebaya kehilangan dua bek andalannya, yaitu Rachmat Irianto dan Otavio Dutra. Krisi pemain belakang Bajul Ijo semakin nyata karena kondisi Fandry Imbiri juga belum 100 persen fit. Tanpa Rian, Dutra dan kemungkinan Imbiri, Persebaya akan banyak berharap pada Mokhammad Syaifudin dan Andri Muliadi sebagai tembok lini belakang.

Meski diselimuti krisis pemain di lini belakang, namun Persebaya bisa bernapas lega karena jenderal lapangan tengah Misbakus Solikin dipastikan fit untuk laga ini. Pekan lalu, Misbakus diistirahatkan Alfredo Vera ketika Persebaya takluk dari Barito Putera.

Tanpa Misbakus, lini tengah Persebaya memang kehilangan sosok pengatur tempo sekaligus kreator serangan. Kehadiran Misba akan membuat Robertino Pugliara bisa memaksimalkan kemampuannya menusuk ke jantung pertahanan lawan.

BACA:  Green Force vs Mutiara Hitam, Adu Dua Tim Ofensif

Sementara itu, dari kubu tuan rumah, PS TIRA punya modal kepercayaan diri tinggi menjamu Persebaya. Pada laga kandang terakhir di Sultan Agung, skuat asuhan Rudy Eka Priyambada itu mampu menaklukkan tim bertabur bintang Madura United. Keperkasaan PS TIRA di kandang sendiri tentu merupakan sinyal bahaya bagi Green Force.

Di bawah komando Rudy Eka, PS TIRA memang banyak berubah musim ini. Tim berjuluk The Young Warriors itu tak lagi identik dengan permainan keras. Namun kini PS TIRA bermain lebih tactical dengan pressing tinggi yang kerap menyulitkan lawan-lawannya. Persib Bandung dan Madura United adalah dua tim yang pernah merasakan bagaimana sulitnya menghadapi gaya main PS TIRA yang mengandalkan pressing ketat dan serangan balik efektif.

Meski baru saja kalah dari Persipura, namun bukan berarti semangat pemain-pemain PS TIRA akan mengendur. Rudy Eka pun meyakini bahwa anak asuhnya sudah siap melakoni laga kontra Persebaya.

“Kami sudah melupakan hasil pertandingan lawan Persipura. Dan kini fokus pertandingan keempat melawan Persebaya Surabaya,” tutur Rudy Eka melalui laman resmi liga.

Kombinasi pemain muda dan senior yang dipadukan dengan taktik Rudy Eka Priyambada sejauh ini mampu menghidupkan permainan PS TIRA. Wawan Febriyanto, Gustavo Lopez dan tentu saja Aleksandar Rakic adalah beberapa nama yang wajib diwaspadai Persebaya.

Wawan akan menjadi motor serangan PS TIRA di sektor sayap. Jika dua full-back Persebaya terlampau agresif membantu serangan, Wawan bisa saja menghadirkan situasi berbahaya di depan gawang Bajul Ijo.

Perhatian juga tertuju pada sosok Rakic. Sejauh ini, penyerang asal Serbia itu sudah mengoleksi satu gol. Lini belakang Persebaya yang tak bisa memainkan duet bek tengah terbaiknya bisa saja menjadi bulan-bulanan Rakic apabila ia dibiarkan bergerak bebas di area kotak penalti.

BACA:  Laga Perdana Persebaya, David da Silva Absen

Sama-sama memburu kemenangan, PS TIRA dan Persebaya diprediksi akan tampil ngotot pada laga ini. Namun asa Persebaya untuk memenangkan pertandingan lebih berat karena badai cedera yang menghantam skuat Bajul Ijo. Selain itu, Persebaya juga masih terkendala tumpulnya lini depan mereka.

Pada laga terakhir menghadapi Barito Pekan lalu, para juru gedor Bajul Ijo bahkan tak mampu sekalipun melepaskan tembakan tepat sasaran. Performa seperti ini jelas tak boleh diulangi lagi kala menghadapi PS TIRA. Para penyerang Green Force dituntut tampil lebih tajam dan efektif dalam memanfaatkan peluang.

Persebaya memang tak punya pilihan lain selain memenangkan pertandingan ini. Kemenangan akan membuat Bajul Ijo kembali menemukan kepercayaan diri. Sebaliknya jika Persebaya gagal tampil maksimal, maka tekanan akan kembali tertuju skuat Bajul Ijo. Jadi, ayo bangkit dan raih kemenangan Persebaya! (rvn)

Prakiraan susunan pemain PS TIRA vs Persebaya:

PS TIRA (4-3-3): Syahrul Fadhillah (PG); Safri Al Irfandi, Kim Sang-min, Manahati Lestusen (C), Abduh Lestaluhu (B); Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez, Firmansyah (T); Ahmad Nufiandani, Aleksandar Rakic, Wawan Febriyanto (D)
Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Persebaya (4-3-3): Alfonsius Kelvan (PG); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (B); Misbakus Solikin (C), Nelson Alom, Robertino Pugliara (T); Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display