Kembalinya “Si Tukang Jagal” Andri Muliadi

Andri Muliadi merayakan gol Persebaya yang dicetak David da Silva. Foto: EJ

EJ – Persebaya melawat ke markas PS TIRA dengan bayang-bayang badai cedera yang mengantam skuat Bajul Ijo. Tiga bek tengah Persebaya, yaitu Rachmat Irianto, Otavio Dutra dan Fandry Imbiri harus berurusan dengan tim dokter akibat cedera. Persebaya pun hanya membawa dua bek tengah Mokhammad Syaifudin dan Andri Muliadi dalam lawatannya ke Bantul.

Krisis bek tengah sempat menimbulkan kekhawatiran bakal rapuhnya lini belakang Persebaya. Apalagi, Syaifudin dan Andri sama sekali belum pernah dimainkan bersama. Namun kekhawatiran itu tak menjadi nyata karena Persebaya mampu tampil meyakinkan dengan meraih kemenangan telak atas tuan rumah PS TIRA.

Selain David da Silva yang menjadi sorotan dengan torehan tiga gol dan satu assist, penampilan tak kalah apik juga diperlihatkan oleh Andri Muliadi. Andri tampil lugas menjaga pertahanan Persebaya sehingga membuat para penyerang PS TIRA kesulitan.

Laga pekan keempat, Jumat (13/4) lalu, merupakan kali pertama Andri bermain di musim ini dan langsung menjadi starter. Di tiga laga sebelumnya, pemain bernomor 44 itu tak pernah masuk ke dalam line-up Persebaya. Kedatangan Otavio Dutra membuat Andri tersisih dari skuat utama Persebaya. Selain itu, faktor cedera yang sempat diderita Andri juga membuat bek asal Aceh itu tak mendapatkan kesempatan main di tiga pertandingan awal Persebaya.

Diberi kepercayaan sejak menit pertama, Andri menjawab kepercayaan itu dengan penampilan solid di lini belakang Bajul Ijo. Bermain penuh selama 90 menit, Andri mencatatkan 2 kali intersep, 4 kali halauan dan 3 kali tekel sukses. Andri pun menunjukkan apa yang menjadi kelebihannya sebagai bek sentral, yaitu menjadi “tukang jagal” di area pertahanan Bajul Ijo.

BACA:  Comeback Stronger, Andri Kembali ke Surabaya

Penampilan kokoh Andri sebagai bek tengah membuat penyerang utama PS TIRA, Aleksandar Rakic, nyaris tak berkutik sepanjang laga. Pusat serangan PS TIRA pun lebih banyak melalui Mariano Berriex yang beroperasi di sayap kanan karena Rakic tak mampu lepas dari kawalan Andri Muliadi.

Penampilan impresif Andri pada laga menghadapi PS TIRA tentu bisa membuat Persebaya bisa bernapas lega. Pasalnya, Andri hadir di saat yang tepat, yakni ketika Persebaya harus kehilangan tiga bek tengahnya. Kembalinya Andri Muliadi dan semakin membaiknya kondisi Fandry Imbiri juga membuat Persebaya kini bisa lepas dari krisis bek tengah. (rvn)

Facebook Comments