Persebaya vs Arema FC: Kembalikan Keangkeran GBT!

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Dua kali meraih hasil minor di kandang sendiri, Persebaya mengusung misi meraih poin penuh kala menjamu Arema FC di Gelora Bung Tomo, Minggu (6/5) sore ini. Kekalahan memalukan dari Barito Putera, lalu ditahan imbang oleh Sriwijaya FC membuat Bajul Ijo tak punya pilihan lain selain memenangkan laga ini demi mengembalikan keangkeran Gelora Bung Tomo.

Persebaya memang seperti kehilangan tajinya jika bermain di kandang sendiri. Dari tiga laga kandang yang sudah dilakoni, Rendi Irwan dan kawan-kawan baru mengemas satu kemenangan. Sisanya adalah sekali kalah dan satu kali hasil imbang. Selain poin yang terbuang percuma dari laga kandang, permainan Persebaya di atas lapangan juga belum meyakinkan. Oleh sebab itu, laga kontra Arema FC merupakan momentum yang tepat bagi skuat Bajul Ijo untuk bangkit dan menunjukkan performa terbaik.

Pelatih Persebaya, Alfredo Vera menyampaikan bahwa laga menghadapi Arema FC akan menjadi pertandingan yang berbeda. Ia pun telah meminta pada pemain-pemain Persebaya untuk menjaga fokus pada pertandingan ini.

“Kami menyiapkan pemain-pemain terbaik untuk pertandingan ini. Ini pertandingan yang berbeda dari yang lain. Pemain harus fokus selama pertandingan dan mewaspadai semua pemain lawan,” tutur Alfredo Vera.

Iklan

Punya motivasi tinggi untuk menang serta mendapat dukungan penuh dari Bonek, tetapi misi Persebaya untuk meraih poin penuh pada laga ini dipastikan tidak akan berjalan mudah.

BACA:  Marselino dan Arif Satria Absen Lawan Arema FC

Arema FC yang mengawali kompetisi dengan hasil buruk mulai menemukan titik balik usai menaklukkan pemuncak klasemen Persipura Jayapura pada pertandingan pekan keenam lalu. Raihan positif inilah yang ingin diulangi oleh Dendi Santoso dan kawan-kawan dalam lawatannya ke markas Persebaya.

“Target kami lawan Persebaya harus menang. Kemenangan untuk mengejar ketertinggalan poin kami yang sekarang ada di zona degradasi,” kata kapten Arema FC, Dendi Santoso melalui laman resmi liga.

Arema memang punya modal cukup untuk mengimbangi Persebaya. Selain Dendi, penggawa Singo Edan yang wajib diwaspadai adalah Dedik Setiawan. Winger muda Singo Edan tersebut menjadi bintang ketika Arema FC mengalahkan Persipura. Kombinasi Dendi, Dedik serta Thiago Furtuoso akan menjadi andalan Arema FC untuk mencuri gol ke gawang Persebaya.

Namun kubu Arema FC juga harus mewaspadai agresivitas tuan rumah. Apalagi, Arema FC adalah tim dengan pertahanan terburuk di Liga 1. Hingga pekan keenam, Singo Edan sudah kebobolan 13 gol. Performa buruk lini belakang Arema FC ini bisa saja menjadi santapan empuk penyerang-penyerang cepat Persebaya.

Lini belakang Arema FC memang sangat rapuh, terutama ketika mereka menerima bola silang dari area sayap. Tercatat, dari 13 gol yang bersarang ke gawang Arema FC, lima diantaranya berawal dari skema umpan silang dari sisi sayap yang dilepaskan lawan. Ini artinya, ada lubang menganga di sektor belakang Arema FC yang bisa dimanfaatkan oleh Persebaya. Ruang-ruang kosong inilah yang harus dieksploitasi oleh para penyerang Bajul Ijo.

BACA:  Terbanyak, Penonton Laga Kandang Persebaya Capai 248 Ribu

Alfredo Vera sebagai arsitek Persebaya harusnya sudah belajar dari hasil buruk di dua laga kandang terakhir. Menghadapi Arema FC yang punya rapor buruk di sektor pertahanan, kuncinya adalah bermain efektif. Tak hanya efektif dalam membangun serangan, para juru gedor Bajul Ijo juga harus efektif dalam menyelesaikan serangan. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Arema FC

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Misbakus Solikin (C), Nelson Alom, Robertino Pugliara (T); Feri Pahabol, David da Silva, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Arema FC (4-3-3): Utam Rusdiana (PG); Syaiful Indra, Mochammad Zaenuri, Purwaka Yudhi, Johan Alfarizie (B); Hendro Siswanto, Balsa Bozovic, Ahmet Atayev (T); Dedik Setiawan, Thiago Furtuoso, Dendi Santoso (C) (D)
Pelatih: Joko Susilo

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display