Nyanyian Iwak Peyek dari Bonek untuk Abah Imron

Spanduk duka untuk Abah Imron dan Bonek yang meninggal karena kecelakaan. Foto: Ninda Sahriyani for EJ
Iklan

EJ – Pencipta lagu Iwak Peyek dan juga sesepuh Bonek, H. Imron, meninggal dunia di hari di mana laga Persebaya vs Arema FC dilangsungkan. Abah Imron, sapaan akrabnya, meninggal dunia pada Minggu (6/5) pukul 07.00 WIB. Sebelum meninggal, pria berusia 52 tahun ini sempat dirawat di RSI Asrama Haji Surabaya. Selama dua tahun terakhir, Abah Imron berjuang melawan sakit diabetes.

Untuk menghormati kepergian Abah Imron, Bonek menyanyikan lagu Iwak Peyek di tengah-tengah laga Persebaya melawan Arema FC. Spanduk duka untuk Abah Imron juga dipasang di tribun Bonek. Saat ini, Abah Imron telah dimakamkan di pemakaman Islam Bagong Ginayan.

Lagu “Iwak Peyek” sempat fenomenal pada 2010. Seperti dikutip dari Ngopibareng.id, Abah Imron bercerita jika lagu tersebut ia ciptakan saat menonton laga Persebaya melawan Persib di Bandung. “Saat duduk-duduk di stadion di Bandung dan kelaparan, saya ingat masa kecil di Madura dulu, makan nasi jagung dan lauk iwak peyek, nikmat sekali, saya buat pantun dan tiba-tiba jadilah lagu,” ucapnya kala itu.

Iklan
BACA:  Lupakan Arema FC, Fokus Madura United

Saat proses penciptaan lagu “Iwak Peyek”, Abah Imron adalah manajer Arek Band, sebuah grup musik yang beranggotakan Bonek. Mereka sedang menggarap sebuah album musik. Pria yang juga pedagang besi tua itu sangat akrab dengan pentolan-pentolan Bonek. Lagu “Iwak Peyek” kemudian sering dibawakan dirijen Bonek Hamin Gimbal dan Okto Tyson saat Persebaya bertanding sehingga menjadi populer dan dikenal Bonek.

Arek Band selalu membawakan lagu “Iwak Peyek” di setiap pertunjukannya. Mereka memutuskan mengembangkan liriknya menjadi lagu yang dikenal Bonek hingga saat ini. “Wis suwe aku ngenteni kowe/ rino wengi ora nyambut gawe/ Persebaya kudu dimenangke, arek bonek seneng rame-rame.”

Lagu itu semakin populer tak hanya di kalangan Bonek tapi juga penyanyi-penyanyi dangdut mulai Sodiq Monata hingga Trio Macan. Dan selebihnya adalah sejarah…

BACA:  Coach Widodo Sayangkan Bunyi Peluit Penonton

Iwak peyek, iwak peyek
Iwak peyek, iwak peyek
Iwak peyek sego Jagung,
Sampek elek, sampek elek

Sampek tuwek, sampek tuwek
Sampek matek sampek matek
Tetap didukung 

Persebaya jago, Persebaya Jago, Lawannya bego
Persebaya jago, Persebaya jago lawannya bego

Tahun ini, Bonek kehilangan dua musisinya. Sebelum Abah Imron, pencipta lagu-lagu Bonek, Oka Gundul, juga meninggal dunia karena sakit. Meski telah mendahului kita, lagu-lagu ciptaan mereka tetap abadi. Selamat jalan, Abah Imron. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display