Ditahan Persipura, Persebaya Makin Akrab dengan Hasil Seri

Peluang Riky Kayame yang gagal menjadi gol. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya meraih hasil seri tiga kali berturut-turut. Menjamu tamunya Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 pekan 11, Persebaya hanya mampu bermain imbang 1-1. Green Force sempat tertinggal lebih dulu lewat gol pemain pengganti Marcel Sacramento. Namun, Fandry Imbiri mampu menyamakan kedudukan.

Persebaya menurunkan komposisi hampir sama seperti saat menghadapi Madura United. Begitu wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit kick off, Persebaya langsung menekan pertahanan Persipura. Baru satu menit laga berjalan, Riky Kayame yang menggantikan posisi David da Silva mengancam gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman. Sayang tendangannya tipis di samping gawang Persipura.

Belum sampai enam menit, Persebaya sudah memperoleh dua tendangan sudut. Peluang Pahabol dan Pugliara masih melenceng dari gawang lawan. Sampai menit 15, Persipura belum juga mendapatkan tendangan ke gawang Miswar.

Dua sayap Persebaya, Feri Pahabol dan Irfan Jaya bermain agresif. Persipura memasang Hilton dan Boaz di lini serang membuat Fandry Imbiri dan M Syaifuddin cukup waspada mengawasi pergerakan kedua pemain.

Iklan

Ricardo Salampessi mengalami cedera pada menit 31 dan digantikan Emanuel Wanggai. Satu peluang Boaz Solossa dapat diselamatkan Miswar Saputra. Sebuah serangan Rendi Irwan dan Riky Kayame menghasilkan pelanggaran tepat di depan kotak penalti pada menit 33. Sayangnya, tendangan bebas Irfan Jaya hanya menyamping tipis di sisi gawang Dede Sulaiman.

BACA:  Cedera Hamstring, Ruben Sanadi Terancam Absen Lawan Sriwijaya FC

Prisca Womsiwor memiliki peluang bagus namun tendangan kerasnya di menit 36 ditepis keluar oleh Miswar. Peluang emas kembali didapatkan Persipura. Boaz yang lepas perangkap offside tinggal berhadapan dengan Miswar. Tendangan mendatarnya tipis di samping kiri gawang Miswar.

Satu peluang menit 45 umpan Rendi gagal dimanfaatkan Kayame. Permainan yang berimbang di babak pertama tidak menghasilkan gol untuk kedua tim. Persebaya tertahan 0-0 atas tamunya Persipura.

Babak kedua dimulai, Persipura langsung masukkan Marcel Sacramento menggantikan legenda nasional Boaz Solossa.

Satu peluang Pugliara di awal babak kedua masih terlalu tinggi tendangannya. Persipura juga mempunyai sebuah peluang diawal babak kedua ini. Satu kesalahpahaman antara Abu Rizal dan Syaifudin gagal dimanfaatkan sempurna oleh Sacramento.

Menit ke 59, umpan datar Prisca Womsiwor berhasil dimanfaatkan Hilton Moreira menjadi gol. Ketinggalan satu gol Riky Kayame digantikan Oktafianus Fernando.

BACA:  Pesan Rivky Mokodompit Untuk Penjaga Gawang Muda

Tanpa butuh waktu lama, enam menit berselang, Persebaya berhasil menyamakan skor. Umpan terobosan ke Rendi diteruskan umpan datar ke Irfan Jaya dan disodorkan ke Fandry. Tendangan mendatar Fandry bersarang ke gawang Persipura. Skor imbang 1-1.

Pertandingan semakin menarik. Satu penyelamatan beruntun dilakukan Dede Sulaiman. Sundulan Imbiri ditepis   disambut sundulan Irfan Jaya juga masih diselamatkan tepat di garis gawang.

Pada menit 78 Fandri Imbiri ditarik juga keluar karena cedera. Andri Muliadi menjadi pemain terakhir yang masuk. Masuknya Andri membatalkan rencana Alfredo yang akan memasukkan Rishadi Fauzi. Rishadi yang sudah melakukan pemanasan akhirnya duduk kembali di bangku cadangan.

Persebaya kembali mendapatkan kesempatan mencetak gol menit 86. Tendangan bebas Rendi Irwan hanya membentur mistar gawang lawan.

Hingga peluit panjang tanda akhir pertandingan dibunyikan wasit, kedua tim tak mampu menambah skor. Laga berakhir dengan skor 1-1. Hasil ini tidak mempengaruhi banyak peringkat Persebaya yang naik ke posisi 9 dengan nilai 14. Sementara Persipura masih menguasai puncak dengan nilai 18. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display