Persebaya vs Persipura: Menang = Papan Atas

Irfan Jaya. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Lawan berat sudah menanti Persebaya pada lanjutan Liga 1 pekan kesebelas. Selasa (29/5) malam ini, Persebaya akan menjamu pemuncak klasemen Persipura Jayapura. Laga yang teramat penting bagi Persebaya karena saat ini Rendi Irwan dan kawan-kawan tercecer di peringkat 11 klasemen Liga 1. Kemenangan atas Persipura malam ini akan membuat Bajul Ijo kembali mendekat ke papan atas.

Hanya meraih hasil imbang pada dua laga terakhir memang membuat posisi Persebaya di papan klasemen menjauh dari papan atas. Menjamu Persipura di kandang sendiri, Persebaya membidik kemenangan untuk mendongkrak posisi mereka.

Jelang laga kontra Persipura, skuat Bajul Ijo mendapat suntikan tenaga dengan kembalinya Otavio Dutra dan Ruben Sanadi. Dutra yang absen lima pekan akibat cedera lutut sudah dinyatakan fit. Sedangkan Ruben yang mendapat cedera ringan kala Persebaya menahan imbang Borneo FC juga siap untuk laga menghadapi Persipura.

Namun di sisi lain, Persebaya kemungkinan besar tak bisa menurunkan mesin gol David da Silva sejak awal. Da Silva ditarik saat babak pertama pada pertandingan menghadapi Madura United pekan lalu. Tim dokter Persebaya menyatakan bahwa cedera top scorer Persebaya tersebut tidaklah parah. Jika memang Da Silva belum bisa dimainkan, Alfredo Vera masih memiliki Riky Kayame dan Rishadi Fauzi sebagai ujung tombak.

Iklan
BACA:  Transfer Pemain, Antara Kebutuhan Tim, Harga Pemain, dan Keinginan Customer

Dari kubu lawan, Persipura dihadapkan pada masalah inkonsistensi di laga tandang. Dari tiga kekalahan yang diderita tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut, semuanya terjadi di kandang lawan. Terakhir, Boaz Solossa dan kolega digebuk Persija dua gol tanpa balas. Masalah mental bertanding di markas lawan ini tentu menjadi bahan evaluasi Peter Butler selaku juru taktik Persipura.

Pada laga ini, duet Marcel Sacramento dan Boaz Solossa kembali akan diandalkan Persipura. Sorotan tentu tertuju pada sosok Marcel Sacramento. Penyerang asal Brasil tersebut sudah mengoleksi lima gol dan menjadi penyerang tertajam Persipura. Marcel akan didukung Boaz Solossa yang bergerak liar dari di belakangnya.

Menjamu Persipura yang punya permainan agresif, Persebaya wajib menunjukkan performa terbaik. Meski baru saja menelan kekalahan dari Pesija, namun Persipura tetaplah Persipura. Mereka selalu memiliki potensi untuk menyulitkan lawan.

BACA:  Denda Rp 160 Juta Lagi untuk Persebaya Karena Flare dan Elisa Basna

Keberadaan Marcel Sacramento dan Boaz Solossa membuat lini depan Persipura menjadi sangat berbahaya. Apalagi, Persipura adalah tim paling produktif di liga dengan torehan 19 gol hingga pekan ke-10. Ketajaman para juru gedor Persipura inilah yang harus diwaspadai oleh lini belakang Persebaya yang kebobolan empat gol dalam dua laga terakhir. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persipura:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Mokhammad Syaifuddin, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Sidik Saimima, Rendi Irwan (C), Robertino Pugliara (T); Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman (PG); Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Richardo Salampessy, David Rumakiek (B); Muhammad Tahir, Immanuel Wanggai, Ian Louis Kabes (T); Boaz Solossa (C), Marcel Sacramento, Hilton Moreira (D)
Pelatih: Peter Butler

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display