Players to Watch: Wiljan Pluim dan Irfan Jaya

Foto: Etsha Magenta/EJ

EJ – Laga PSM Makassar kontra Persebaya Surabaya akan menjadi duel gelandang elegan Wiljan Pluim dan sayap ekspolsif Irfan Jaya. Pluim akan menjadi kreator serangan PSM, sedangkan Irfan akan menjadi andalan Persebaya di sektor sayap.

Wiljan Pluim

Tak bisa dipungkiri, Wiljan Pluim adalah aktor utama di balik performa mengesankan PSM Makassar hingga pekan ke-12. Menjalani musim ketiga bersama PSM, Pluim semakin menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pemain penting di tim berjuluk Juku Eja tersebut. Pada gelaran Liga 1 2018, Pluim sudah menecetak satu gol dan satu asis.

Sempat absen beberapa laga akibat cedera, Pluim langsung tampil moncer begitu ia kembali ke skuat utama PSM. Pemain asal Belanda tersebut memang memiliki visi bermain mumpuni. Tak hanya piawai mengeksekusi peluang, pergerakan Pluim di lini tengah juga kerap menjadi pemecah kebuntuan lini serang PSM.

Menjamu Persebaya di kandang sendiri, Pluim sekali lagi akan menjadi pusat serangan PSM. Bersama Marc Klok dan Rizky Pellu, Pluim bertugas untuk memenangi duel di lini tengah. Jika Pluim mendapatkan ruang yang cukup bebas untuk berkreasi, ia adalah ancaman serius bagi pertahanan Persebaya.

Irfan Jaya

Irfan Jaya sudah menemukan performa terbaiknya setelah tampil kurang maksimal di awal kompetisi. Raihan dua gol dan satu asis menunjukkan bahwa Irfan memang sedang on fire. Laga menghadapi PSM Makassar pun menjadi peluang bagi Irfan untuk menunjukkan kualitasnya.

Irfan sendiri akan melakoni laga emosional pada pertandingan ini. Ya, Irfan adalah jebolan tim PSM U-21. Ia pun tercatat pernah menjadi pencetak gol terbanyak bagi tim junior PSM pada gelaran ISC U-21 tahun 2016 silam. Kini, Irfan harus menyingkirkan kenangan masa lalunya karena pemain berjuluk The Sniper tersebut sekarang adalah pemain yang paling diandalkan Persebaya.

BACA:  Kerangka Tim Persebaya Terbentuk sebelum Kongres Bandung

Punya skill mumpuni yang didukung kecepatan dalam berakselerasi, Irfan adalah senjata utama Persebaya dalam membongkar pertahanan kokoh PSM Makassar. Kombinasi Irfan, David da Silva dan juga Oktafianus Fernando di lini depan Bajul Ijo akan berduel dengan Steven Paulle dan Abdul Rahman yang menjadi dua tembok andalan Juku Eja. (rvn)

Facebook Comments