Tersungkur di Makassar, Persebaya Masuk Zona Degradasi

Riky Kayame saat laga lawan PSM. Foto: Official Persebaya

EJ – Ambisi Persebaya membawa poin ke Surabaya gagal karena dikalahkan tuan rumah PSM Makassar. Laga klasik ini digelar di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (9/6). Gol tuan rumah dicetak Rizky Pellu melalui sundulan di babak kedua.

Persebaya yang bermain tanpa striker David da Silva dikejutkan oleh peluang cepat Rizky Pellu di detik 20. Umpan tarik Ferdinand Sinaga diteruskan Pellu melalui kaki. Beruntung, Miswar Saputra bisa mengamankan bola itu.

PSM terus menekan di awal babak pertama. Serangan pertama Persebaya lahir dari kerjasama Riky Kayame dan Irfan Jaya. Umpan Riky bisa dijangkau Irfan. Sayangnya, tendangan Irfan masih menyamping.

Green Force mulai percaya diri dalam penyerangan. Beberapa kali peluang didapat Irfan namun masih gagal. Kedua tim menampilkan permainan menyerang yang enak ditonton.

Menit 18, Miswar hampir saja membuat blunder. Bola backpass dari Otavio Dutra ditendang balik namun mengenai badan Ferdinand. Lagi-lagi beruntung, Miswar bisa menangkap kembali bola tersebut.

Sebuah tendangan keras Misbakus Solikin dari luar kotak penalti masih tipis di atas gawang PSM. Ferdinan Sinaga hampir saja membuat gol setelah tendangan bebasnya membentur mistar. Hingga babak pertama berakhir, kedua tim masih sama kuat 0-0.

Di awal babak kedua, Irfan Jaya mengalami cedera akibat perebutan bola dengan pemain PSM. Ia masih mencoba bertahan namun Irfan tak mampu melanjutkan permainan. Osvaldo Haay diturunkan Alfredo Vera menggantikan Irfan. Ia terlihat menangis saat ditarik keluar dan disambut tepuk tangan oleh publik Makassar.

Sejak Irfan ditarik keluar, serangan PSM makin meningkat. Sebuah tusukan Oktafianus Fernando dari sisi kiri gagal setelah ia terjatuh di kotak penalti PSM. Sayang wasit tidak memberikan hadiah penalti.

BACA:  Alfredo: Dua Gol Borneo, Ada Sesuatu Yang Tidak Benar

Alfredo memasukkan Rishadi Fauzi menggantikan Riky untuk meningkatkan daya gedor. Sayang dua menit setelah pergantian, gawang Persebaya harus bobol lewat sundulan Rizky Pellu. Menerima umpan Rasyid Bakri dari tendangan sudut, Rizky yang tak terkawal leluasa menceploskan bola ke pojok gawang Miswar. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Tertinggal 1 gol membuat pertahanan Persebaya kocar-kacir setelah PSM dengan percaya diri melakukan penyerangan. Beberapa kali Miswar harus berjibaku menyelamatkan gawang dari kebobolan.

Persebaya mempunyai kesempatan menyamakan kedudukan di akhir babak kedua. Namun semuanya harus berakhir dengan kegagalan. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Kekalahan Persebaya atas PSM membuat Green Force terjerembab ke zona degradasi. Persebaya untuk sementara berada di posisi 16 dengan poin 14. Persebaya masih mempunyai 2 tabungan laga yang bisa dipakai untuk keluar dari zona merah. Ini adalah pertandingan terakhir Persebaya sebelum libur lebaran. Laga pertama persebaya pasca liburan adalah menjamu Bali United di GBT, 7 Juli 2018. (iwe)

Facebook Comments