Persebaya vs Persib: Misi Wajib Menang di Tengah Kondisi Pincang

290
Selebrasi pemain Persebaya di kandang Madura United. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Kekalahan dari PSIS Semarang akhir pekan lalu membuat Persebaya terpuruk di papan bawah. Kini, Bajul Ijo punya kesempatan untuk menjauh dari zona merah. Menjamu Persib Bandung dalam laga tunda pekan ke-9, Persebaya wajiib meraih kemenangan jika tak ingin menutup paruh pertama Liga 1 2018 di papan bawah.

Dihadapkan pada misi wajib menang pada laga kontra Persib, Alfredo Vera selaku juru taktik Persebaya harus memutar otak. Pasalnya, sejumlah pemain pilar Green Force tak bisa dimainkan untuk pertandingan ini.

Dua penggawa anyar Persebaya, yakni OK John dan Raphael Maitimo tak bisa dimainkan karena status laga ini adalah laga tunda. Sementara itu, Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando absen karena alasan berbeda. Irfan, bersama Osvaldo Haay, harus melewatkan laga kontra Persib karena mengikuti pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-23 di Bali. Sedangkan Oktafianus absen akibat skorsing.

Kekuatan Persebaya semakin tereduksi karena bek-bek Bajul Ijo tumbang akibat cedera. Andri Muliadi dan Mokhammad Syaifuddin masih harus menepi. Sedangkan kondisi terakhir Otavio Dutra juga belum fit usai laga tandang kontra PSIS. Persebaya praktis hanya menyisakan Fandry Imbiri sebagai bek tangah yang kondisinya siap tempur.

Badai cedera yang menerpa Persebaya membuat Alfredo harus pandai-pandai meramu komposisi terbaik guna menghadapi Persib.

“Kami sudah beberapa kali berlatih dengan kondisi seperti ini untuk antisipasi absennya pemain-pemain ini. Situasi ini membuat kami susah untuk menurunkan komposisi tim yang lengkap,” ungkap Alfredo melalui laman resmi klub.

“Meski begitu, semoga kami dapat tiga poin agar lebih dekat dengan papan atas,” sambung pelatih asal Argentina tersebut.

Dari kubu tamu, Persib Bandung mengalami situasi yang hampir serupa dengan tuan rumah. Maung Bandung dipastikan turun tanpa diperkuat Jonathan Bauman, Febri Hariyadi dan Patrich Wanggai.

Bauman absen akibat skorsing. Sedangkan Febri bergabung dengan timnas U-23. Sementara Wanggai yang merupakan pemain baru Persib tak bisa dimainkan karena status eks Sriwijaya FC itu baru disahkan per tanggal 16 Juli lalu.

BACA:  Hari Ini, Bejo Sugiantoro Debut Pimpin Latihan Persebaya

Absennya Bauman tentu merupakan kehilangan terbesar bagi Persib. Kolektor 6 gol tersebut merupakan tandem terbaik untuk Ezechiel N’Douassel. Tanpa Bauman, Ezechiel harus bekerja sendirian di lini depan Maung Bandung.

Tak bisa memainkan komposisi terbaiknya, Mario Gomez tetap optimis anak asuhnya bisa menampilkan performa terbaik. Ia pun sudah siap menghadapi atmosfer Gelora Bung Tomo.

“Suporter kita cukup dekat. Saya rasa atmosfer pertandingan nanti bakal ketat. Ini seperti pesta yang bagus, semoga bisa menghibur penonton,” ujar mantan pembesut Johor Darul Ta’zim tersebut.

Sama-sama ditinggal sejumlah pemain penting, kemampuan kedua pelatih dalam menerapkan taktik dan strategi akan menjadi penentu hasil akhir laga ini.

Persebaya punya rekor kandang yang sangat baik karena Abu Rizal dan kawan-kawan selalu menang dan tak pernah kebobolan dalam dua laga kandang terakhir. Performa apik Persebaya di kandang sendiri akan menjadi modal berharga karena sang tamu Persib punya catatan tandang yang tidak terlalu bagus. Dari tiga laga tandang terakhir, skuat Maung Bandung gagal meraih satu pun kemenangan. Inkonsistensi Persib di kandang lawan inilah yang harus dimanfaatkan oleh Persebaya. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persib

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (B)); Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin (C), Robertino Pugliara (T); Fandi Eko Utomo, David da Silva, Riky Kayame (D)
Pelatih: Alfredo Vera

Persib (4-2-3-1): Mohammad Natshir (PG): Supardi Nasir (C), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus (B); Oh In-kyun, Dedi Kusnandar (T); Gian Zola, Eka Ramdani, Gozali Siregar (T); Ezechiel N’Douassel (D)
Pelatih: Mario Gomez

Komentar Artikel