Persebaya vs Persela: Akhiri Paceklik Kemenangan!

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya harus segera bangkit setelah hancur lebur akibat tiga kekalahan beruntun. Posisi Bajul Ijo di tabel klasemen semakin rawan karena kini Misbakus Solikin dan kawan-kawan hanya berjarak satu strip dari zona relegasi. Namun misi Persebaya untung segera bangkit dari keterpurukan akan menemui jalan terjal karena lawan yang akan mereka hadapi pekan ini adalah tim yang tengah on fire, Persela Lamongan.

Tidak ada yang menyangka jika Persela akan tampil mengejutkan musim ini. Hingga pekan ke-18, anak asuh Aji Santoso tersebut nyaman bertengger di papan atas. Bahkan, Persela kini hanya berjarak dua poin saja dari posisi tiga besar.

Setelah membangun pondasi Persela sejak musim lalu, Aji Santoso seakan sedang berbulan madu dengan hasil kerja kerasnya. Permainan rancak Laskar Joko Tingkir berhasil mendobrak dominasi tim-tim mapan di Liga 1. Mereka pun melawat ke Gelora Bung Tomo markas Persebaya dengan penuh percaya diri.

Pekan lalu, Persela mampu menundukkan Persipura Jayapura melalui trigol Dendy Sulistyawan. Dendy pun diharapkan bisa kembali menunjukkan ketajamannya pada laga kontra Persebaya.

Iklan

Performa trengginas Laskar Joko Tingkir tentu harus diwaspadai Bajul Ijo. Apalagi, skuat Persebaya tengah dilanda krisis kepercayaan diri usai rentetan hasil buruk yang membuat mereka terperosok ke papan bawah. Bersama Bejo Sugiyantoro sebagai caretaker, Bajul Ijo mencoba membangun kembali puing-puing kepercayaan diri mereka.

BACA:  Borneo FC vs Persebaya : Kedua Pelatih Saling Memuji

Menjamu Persela di kandang sendiri, Persebaya wajib tampil dengan performa terbaik. Kembalinya sejumlah pemain inti menjadi modal berharga untuk mengembalikan keangkeran Gelora Bung Tomo.

David da Sillva dan Otavio Dutra yang pekan lalu absen di Serui dipastikan fit untuk laga ini. Pun demikian dengan Fandry Imbiri yang sudah terbebas dari skorsing. Riky Kayame yang tampil apik dalam dua laga terakhir juga berpotensi untuk kembali memulai laga sejak menit pertama.

Persebaya memang wajib meraih poin penuh jika tak ingin masuk ke zona degradasi. Meski lawan yang datang sedang dalam kondisi puncak, Green Force tetap punya peluang besar untuk menaklukkan Laskar Joko Tingkir.

Inkonsistensi Persela jika bermain di kandang lawan bisa dimanfaatkan oleh Persebaya. Dari tiga laga tandang terakhir yang dilakoni Persela, Wallace Costa dan kolega selalu menelan kekalahan. Apalagi, dalam laga ini Laskar Joko Tingkir tak bisa diperkuat sejumlah pemain inti mereka, termasuk top scorer Loris Arnaud dan pengatur serangan Diego Assis.

BACA:  Persebaya Dalam Cerita : Dua Kerusuhan Karena Faktor Non Teknis (2)

Untuk bisa meredam agresivitas Persela, Persebaya harus bisa mengkarantina tiga gelandang Joko Tingkir yang kemungkinan besar akan diisi oleh Ahmad Subagja Basith, Syahroni, dan Gian Zola yang akan menggantikan peran Diego Assis. Selama ini, sektor gelandang memang menjadi inti kekuatan Persela. Jika mampu mematikan gerak trio gelandang Persela, bukan tak mungkin Bajul Ijo akan mengakhir paceklik kemenangan yang sudah tak pernah dirasakan lagi dalam tiga laga terakhir. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Persebaya vs Persela

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Rachmat Irianto, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Misbakus Solikin (C), Muhammad Hidayat, Robertino Pugliara (T); Feri Pahabol, David da Silva, Riky Kayame (D)
Caretaker: Sugiyantoro

Persela (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (PG); Birrul Walidain, Wallace Costa (C), Arif Satria, Eky Taufik (B); Ahmad Subagja Basith, Syahroni (T); Guntur Triaji, Gian Zola, Gusti Rustiawan (T); Dendy Sulistiawan (D)
Pelatih: Aji Santoso

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display