Terkendala Bahasa, Bejo Komunikasi dengan Da Silva Gunakan Bahasa Isyarat

Latihan Persebaya (3/8). Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Bejo Sugiantoro telah memimpin satu pertandingan Persebaya dengan raihan 3 poin ketika menghadapi Persela 5 Agustus lalu. Dua gol yang dicetak David da Silva tak lepas dari hasil kerja sama dan komunikasi yang baik antara tim dengan pelatih. Beberapa kali Bejo berkomunikasi dengan David di tengah-tengah pertandingan yang dimenangkan Persebaya itu.

Meskipun tak menguasai bahasa inggris dengan baik, Bejo dibantu oleh dua pemain asing Bajul Ijo untuk berkomunikasi dengan David. “Saya harus akui bahasa Inggris saya terbatas. Jadi, saya meminta bantuan dari dua pemain asing Persebaya, Robertino dan Dutra. Mereka bersedia untuk menerjemahkan yang sama maksud kepada David. Alhamdulillah semuanya bisa berjalan bagus,” ungkap mantan pelatih Persik Kediri itu seperti yang dikutip melalui laman bola.com.

David da Silva sendiri juga belum bisa berbahasa Indonesia. Pemain asal Brazil itu hanya bisa menggunakan dua bahasa, bahasa Portugis dan bahasa Inggris. Keterbatasan dalam berkomunikasi tidak membuat permainan Persebaya terputus. Dengan isyarat ataupun kode, komunikasi juga bisa tersampaikan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pemain bernomor punggung 17 itu. Dia menjelaskan bahwa ia sempat mengalami kesulitan saat berbincang dengan Bejo, namun terbukti David dapat mencetak gol untuk Persebaya. “Saya awalnya bingung saat tahu coach tidak lancar berbahasa Inggris. Tapi, lama-lama coach bisa menggunakan beberapa kode bersama saya. Semuanya tetap berjalan lancar dan terbukti saya bisa mencetak gol,” ungkap David. (ets)

Iklan

 

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display