Jamu Persebaya, Barito Putera Dibayangi Rekor Buruk

309
Barito Putera. Foto: Ervan Tria/EJ

EJ – Barito Putera sedang dalam bayang-bayang rekor buruk jelang laga pekan ke-20 menghadapi Persebaya, Minggu (12/8) besok. Dari lima laga terakhir, tim berjuluk Laskar Antasari tersebut gagal mencatatkan satu pun kemenangan. Barito hanya mampu mengemas tiga hasil imbang dan menelan dua kali kekalahan.

Sempat  menjadi tim kejutan di awal musim dengan bertengger di puncak klasemen, Barito Putera seperti kehabisan bensin ketika kompetisi memasuki putaran kedua. Tak hanya di laga tandang, skuat asuhan Jacksen F Tiago tersebut juga kehilangan tajinya ketika bermain di kandang sendiri.

Dari tiga laga kandang terakhir yang dilakoni Barito, Samsul Arif dan kawan-kawan hanya bisa meraih hasil imbang. Tiga hasil imbang di kandang sendiri serta dua kali menelan kekalahan di kandang lawan membuat peringkat Barito Putera terus melorot. Kini, tim yang bermarkas di Stadion 17 Mei tersebut berada di peringkat ke-6 klasemen sementara Liga 1.

Meski sang tuan rumah sedang mengalami penurunan performa, namun Persebaya tak boleh meremehkan Barito Putera. Pasalnya, Laskar Antasari punya pengalaman menaklukkan Bajul Ijo pada putaran pertama lalu. Kala itu, Barito Putera mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu oleh gol Abu Rizal Maulana.

Barito memastikan tiga poin di Gelora Bung Tomo melalui gol balasan yang dicetak oleh Douglas Packer dan Paulo Sitanggang. Nama terakhir inilah yang akan kembali menjadi andalan Barito untuk menjinakkan Persebaya.

Paulo Sitanggang akan menjadi tumpuan Barito Putera di lini tengah karena Gavin Kwan dan Aaron Evans dipastikan absen pada laga nanti. Gavin absen karena membela tim nasional Indonesia di ajang Asian Games 2018. Sedangkan Evans absen akibat akumulasi kartu. (rvn)