Barito Putera vs Persebaya: Memanfaatkan Tren Buruk Tuan Rumah

25
Rendi Irwan Mencetak Gol. Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Usai mengakhiri paceklik kemenangan dengan mengalahkan Persela Lamongan pekan lalu, Persebaya berambisi untuk meneruskan momentum kebangkitan. Kini, Bajul Ijo membidik poin penuh di markas Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-20.

Di bawah arahan caretaker Bejo Sugiantoro, Persebaya mulai menemukan kepercayaan diri. Kemenangan meyakinkan atas Persela pada laga sebelumnya menjadi modal Bajul Ijo untuk meladeni tuan rumah Barito Putera. Peluang Persebaya untuk meraih tiga poin di Stadion 17 Mei semakin terbuka lebar karena si empunya stadion sedang dibayang-bayangi rekor buruk.

Dari tiga laga kandang terakhir yang dilakoni Barito Putera, tim berjuluk Laskar Antasari tersebut gagal mencatatkan satu pun kemenangan. Jika ditambah dengan dua kekalahan di laga tandang, maka Barito sudah tak merasakan kemenangan lagi dalam lima laga pamungkas. Tidak stabilnya performa Barito Putera inilah yang harus dimanfaatkan oleh Persebaya. Apalagi, Jacksen F Tiago selaku juru taktik Laskar Antasari tak bisa menurunkan dua pemain andalannya, yakni Gavin Kwan dan Aaron Evans.

Tanpa Gavin, Jacksen akan bertumpu pada mobilitas Paulo Sitanggang dalam mendukung Douglas Packer di lini serang Laskar Antasari. Paulo dan Packer adalah dua nama yang wajib diwaspadai oleh pertahanan Persebaya. Kedua pemain tersebut merupakan pencetak gol kemenangan Barito atas Persebaya pada pertemuan pertama lalu.

Menghadapi tuan rumah yang sedang dihinggapi tren buruk, Persebaya wajib menunjukkan determinasi tinggi untuk meraih kemenangan. Namun upaya Bajul Ijo untuk kembali meraih kemenangan tak akan berjalan mudah.

Absennya bomber David da Silva membuat Persebaya kehilangan mesin gol di lini depan. Sebagai pengganti Da Silva, nama Riky Kayame yang selama ini tampil apik sebagai pemain pelapis bisa dikedepankan.

BACA:  Ini Penyakit Persebaya Hingga Pekan Keenam

Di sektor pertahanan, kembalinya OK John dan semakin fitnya Otavio Dutra membuat Bejo Sugiantoro bisa menurunkan komposisi terbaik di lini belakang. Dutra dan kompatriotnya di lini belakang dituntut bermain disiplin menghadapi kecepatan para penyerang Barito Putera. Kesalahan-kesalahan seperti pada pertemuan pertama jelas tak boleh diulangi.

Bermain disiplin dan efektif akan menjadi kunci bagi Persebaya jika ingin membawa tiga poin dari lawatannya ke Banjarmasin. Tambahan tiga poin akan berarti lebih bagi Persebaya. Tak hanya menjauhkan Bajul Ijo dari papan bawah, kemenangan pada laga ini akan membuat skuat Persebaya kembali percaya diri menatap laga-laga berikutnya. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Barito Putera vs Persebaya

Barito Putera (4-2-3-1): Adhitya Harlan (PG); Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Muhammad Rifqi, Roni Baroperay (B); Ady Setyawan, Paulo Sitanggang (T); Rizky Pora, Matias Cordoba, Douglas Packer (T); Samsul Arif (C) (D)
Pelatih: Jacksen F Tiago

Persebaya (4-3-3): Dimas Galih (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (B); Misbakus Solikin, Rendi Irwan (C), Robertino Pugliara (T); Oktafianus Fernando, Riky Kayame, Ferinando Pahabol (D)
Caretaker: Bejo Sugiantoro

Facebook Comments