Enam Pelatih Tersukses di Persebaya

Jacksen F Tiago Persebaya Juara 2004
Iklan

EJ – Cukup banyak pelatih yang sukses melatih di klub Persebaya. Banyak di antaranya berhasil meletakkan dasar-dasar permainan dan meninggalkan warisan pemain-pemain potensial untuk musim selanjutnya. Dari sekian banyak nama yang pernah menghiasi daftar pelatih Tim Bajul Ijo, tak banyak nama yang bisa menghadirkan gelar juara (baca: kebahagiaan suporter). Berikut daftar 6 pelatih sukses di Persebaya.

 

  1. J.A.Hattu, Mudayat, dan M. Basri (1976/77)

Persebaya era pertengahan 1970-an sangat mengerikan. Musuh utama mereka adalah Persija Jakarta yang mampu dikandaskan oleh Rusdy Bahalwan dkk di partai final dengan skor 4-3.

  1. Kusmanhadi dan M. Misbach (1987/88)

Seakan balas dendam dengan kegagalan merengkuh gelar juara ditahun sebelumnya yang digagalkan oleh PSIS Semarang. Arek-Arek Suroboyo meledak di musim 1987/88 dengan mengkandaskan perlawanan seteru klasik Persija Jakarta di final dengan skor 3-2.

Iklan
  1. Rusdy Bahalwan (1996/97)
Rusdy Bahalwan. Foto: TEMPO

Datang dengan skuat Dream Team jilid I, Rusdy Bahalwan mampu membawa Tim Bajul Ijo menjadi kampiun Liga Kansas 1996/97 setelah di partai final mengkandaskan Mastrans Bandung Raya dengan skor 3-1.

  1. Jacksen F. Tiago (2004)
Persebaya Juara 2004

Setelah sukses mengantarkan Persebaya promosi ke Divisi Utama di tahun 2004, tangan dingin Jacksen F. Tiago kembali bertuah. Green Force dibawanya menjadi jawara Liga Indonesia X yang pada musim ini kembali berjalan dalam format kompetisi penuh.

  1. Fredy Mulli (2006)
Freddy Muli. (Foto: pinggirlapangan.com)

Pasca dihukum oleh PSSI, Persebaya harus memulai kompetisi dari Divisi 1. Dipimpin oleh Fredy Mulli, Tim Bajul Ijo muncul sebagai jawara dengan mengkandaskan Persis Solo 2-0 di laga final. Dengan kemenangan ini, Persebaya berhak promosi ke kasta teratas.

  1. Alfredo Vera (2017)
Angel Alfredo Vera. Foto: Joko Kristiono/EJ

Menggantikan Iwan Setiawan yang dipecat ditengah kompetisi berlangsung adalah sebuah tantangan bagi Angel Alfredo Vera. Beruntung berkat tuah dirinya, Persebaya Surabaya yang lama vakum di kompetisi resmi dibawanya menjuarai Liga 2 2017 dengan mengalahkan PSMS Medan 3-2 di partai final yang diadakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. (dpp)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display