Sriwijaya FC vs Persebaya: Hanya Ada Satu Pilihan, Menang!

302
Persebaya. Foto: Joko Kristiono/EJ

EJ – Persebaya tak punya pilihan lain selain menang pada pertandingan pekan ke-22 kontra Sriwijaya FC di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (16/9). Apabila Persebaya kembali gagal meraih poin penuh, maka posisi Bajul Ijo di tabel klasemen Liga 1 semakin terancam. Pasalnya, saat ini Persebaya berada di peringkat 13 dan hanya berjarak 2 poin dari zona degradasi.

Namun misi Persebaya untuk menang di markas Sriwijaya FC tak akan berjalan mudah. Absennya dua penggawa lini belakang, Fandry Imbiri dan Ruben Sanadi, membuat Djadjang Nurjaman selaku juru taktik Bajul Ijo harus memikirkan formula yang tepat untuk menambal lubang di sektor pertahanan.

Tanpa Fandry, pertahanan Green Force memang terlihat rapuh. Hal ini sudah terlihat ketika Persebaya takluk dari PS TIRA. Kembali memasang duet uzur Otavio Dutra-OK John tentu bukan pilihan bijak mengingat lini serang Sriwijaya FC dihuni pemain-pemain yang punya kecepatan. Nama Andri Muliadi atau Mokhammad Syaifuddin yang lebih segar bisa dikedepankan untuk mengisi salah satu pos bek tengah.

Masalah pertahanan Persebaya di sektor pertahanan semakin pelik karena Ruben Sanadi menderita cedera hamstring. Sebagai pengganti, Djadjang hanya punya fullback muda Mochammad Irvan Febrianto. Opsi lain, Djadjang bisa mencoba mengembalikan Osvaldo Haay ke posisi naturalnya, yaitu bek sayap kiri.

Berbeda dengan lini pertahanan yang ditinggal dua penggawa utamanya, Persebaya mendapat suntikan tenaga di lini serang dengan kembalinya Irfan Jaya. Irfan yang kini sudah mengoleksi 5 gol diharpkan bisa memberi ketajaman di sektor depan. Bersama David da Silva, Irfan akan menjadi tumpuan Bajul Ijo membongkar tembok pertahanan Sriwijaya FC.

Di kubu tuan rumah, Sriwijaya FC yang kini ditangani Subangkit juga sedang mengalami tren buruk. Bahkan, Esteban Vizcarra dan kolega tak mampu meraih poin dalam tiga laga terakhir yang mereka lakoin. Tiga kekalahan beruntun itu membuat Sriwijaya FC terlempar dari 10 besar.

BACA:  Dipanggil Timnas, Irfan Jaya dan Osvaldo Haay Tak Bisa Lawan Persib?

Sama seperti Persebaya, Sriwijaya FC juga sedang memburu kemenangan untuk bisa menjauh dari zona relegasi. Pengalaman menahan imbang Persebaya di putaran pertama lalu tentu menjadi pelajaran berharga bagi skuat Wong Kito. Meski di putaran kedua ini materi pemain Sriwijaya FC sudah banyak berubah, namun pemilik 2 gelar juara Liga Indonesia itu tetap punya potensi untuk menyulitkan Persebaya.

Sriwijaya FC akan tetap bertumpu pada trio Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, dan Manuchekr Dzhalilov. Vizcarra dan Beto sama-sama sudah mencetak 6 gol bagi Sriwijaya FC. Sedangkan Dzhalilov mengoleksi 4 gol plus 2 assist. Dzhalilov yang sempat mengalami cedera hamstring diharpkan fit untuk laga menghadapi Persebaya.

Selain punya lini depan tajam, Sriwijaya FC juga memiliki motivasi tersendiri menyambut laga kandang kontra Persebaya. Ya, pada laga ini Sriwijaya FC akan kembali bermain di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Sebelumnya, Laskar Wong Kito memainkan dua laga home di Stadion Agus Salim, Padang.

Kembali bermain di rumah sendiri pastinya membuat Sriwijaya FC punya motivasi lebih untuk menang. Apalagi, pendukung Laskar Wong Kito sudah cukup lama tak menyaksikan tim pujaan mereka berpesta di Jakabaring. Motivasi lebih yang diusung penggawa-penggawa Sriwijaya FC inilah yang harus diwaspadai Persebaya. Misbakus Solikin dan kawan-kawan harus tampil tenang dan tak boleh terbawa ritme permainan tuan rumah jika ingin pulang dengan poin penuh. (rvn)

Prakiraan susunan pemain Sriwijaya FC vs Persebaya

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (PG); Marckho Sandy, Alan Henrique, Goran Gancev, Mohamadou Al Hadji (B); Zulfiandi, Yu Hyun-koo (D) (T); Manuchekr Dzhalilov, Sharian Abimanyu, Esteban Vizcarra (T); Beto Goncalves (D)
Pelatih: Subangkit

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, OK John, Moch. Irvan (B); Misbakus Solikin, Rendi Irwan (C), Robertino Pugliara (T); Irfan Jaya, David da Silva, Oktafianus Fernando (D)
Pelatih: Djadjang Nurjaman

Komentar Artikel