Bonek Fanatic, Komunitas Bonek Satu Desa yang Rutin Gelar Aksi Sosial

218
Bonek Fanatic
374Shares

EJ – Kamunitas bonek tak hanya menyatukan orang-orang yang berlatar belakang sama. Contohnya adalah komunitas Bonek Fanatic Bersatu. Komunitas unik ini punya anggota yang berasal dari beragam latar belakang. Semakin unik karena Bonek Fanatic awalnya beranggotakan orang sekampung alias satu desa. Ya, komunitas yang didirikan mereka berasal dari desa Keboansikep, Gedangan, Sidoarjo.

Perbedaan latar belakang ternyata justru membuat komunitas Bonek Fanatic bisa menemukan wadah yang pas untuk menampung ide-ide kreatif mereka. Manto, salah satu tokoh Bonek Fanatic menjelaskan awal mula berdirinya komunitas ini.

“Pada mulanya komunitas ini isinya orang-orang satu desa. Namun kemudian dari desa lain dan komunitas lain ikut bergabung. Sampai saat ini anggota yang terdata sudah sekitar 130-an,” kata Manto salah satu tokoh Bonek Fanatic.

“Kami resmi berdiri pada tanggal 6 Januari 2001. Awalnya dari bermacam-macam latar belakang. Tapi sama-sama pendukung Persebaya. Awalnya kami tidak terkoordinir. Namun akhirnya kami sepakat untuk membuat wadah pemersatu dengan nama Bonek Fanatic Bersatu,” imbuhnya.

Sebagai bonek, tentu kegiatan Bonek Fanatic yang paling utama adalah mendukung Persebaya.

“Kami mendukung Persebaya di mana saja. Baik saat main di GBT maupun bermain tandang. Yang terdekat kami rencanakan untuk mendukung Persebaya besok waktu main di Bandung,” ujar Manto.

Namun di luar pertandingan, banyak kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini. Salah satunya adalah rutin menggelar aksi bakti sosial.

“Kegiatan yang kami lakukan di luar lapangan cukup beragam. Mulai dari bakti sosial. Bakti sosial kami lakukan satu bulan sekali untuk anak yatim dan saudara-saudara kita yang kurang mampu,” imbuh Manto.

Anggota Bonek Fanatic menyerahkan sumbangan kepada yang membutuhkan.
Bonek Fanatic mengadakan penggalangan dana untuk korban gempa lombok.

Lebih dari satu dekade menjalin persaudaraan di komunitas Bonek Fanatic, setiap anggota pastinya punya harapan untuk Persebaya. Mereka berharap, klub kebanggaan arek-arek Suroboyo bisa menjadi lebih baik lagi.

BACA:  Tuhan Tidak Melarang Wanita Jadi Bonek

“Harapan kami semoga ke depannya Bonek dan Persebaya semakin lebih baik dan lebih solid. Dan harapan untuk pemain, kami harap permainan Persebaya lebih ngeyel lagi saat bertanding,” pungkas Manto. (rvn)

Facebook Comments