Laga Arema FC vs Persebaya Ditunda, Rapat Koordinasi Pengamanan Tetap Jalan

Rendi Irwan di laga lawan Arema FC. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Liga 1 musim 2018 secara resmi untuk sementara diberhentikan oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai 26 September 2018. Secara otomatis, laga pekan ke 24 antara Arema FC dan Persebaya juga ditunda. Jika sesuai jadwal, laga ini akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Minggu (30/9).

Segala persiapan juga telah dilakukan panpel termasuk rapat koordinasi pengamanan laga. Kemarin Rabu (26/9) di ruang rapat Roops Polda Jatim telah dilaksanakan Rakor Pam Arema FC vs Persebaya Surabaya yang dipimpin Karoops Polda Jatim Kombes Pol Drs. Herry Sitompul, MH dan AKBP Yuli Setiadi Kabag Binops Polda Jatim.

Rapat koordinasi ini dihadiri antara lain perwakilan dari Polresta Malang, Polres Malang, Polres KP3 Tanjung Perak, Polres Sidoarjo, Polres Batu, Polrestabes Surabaya, Manajemen Arema FC, Manajemen Persebaya, dan perwakilan dari Bonek.

Ada beberapa poin penting dalam rapat tersebut antara lain:

Iklan
  1. Prestasi sepak bola harus tetap di pertahankan karena menjadi harga diri, namun harus di sadari dalam setiap event ada ueforia yang kebablasan dimana yang hadir tidak semuanya bertiket sehingga tercipta kerusuhan di lokasi dan luar stadion.
  2. Terkait pertandingan Arema FC vs Persebaya maka Polda Jatim akan lakukan pengamanan maksimal mengingat rivalitas suporter cukup tinggi.
  3. Agar di tentukan formula mengatasi suporter yang liar.
  4. Dengan keluarnya surat dari PSSI yang menunda pertandingan maka diharapkan ada rumusan ke depan jika diijinkan kembali menggelar pertandingan.
  5. Rakor dilaksanakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan kalau penundaan tersebut dicabut.
  6. Mohon agar di stadion tidak ada nyanyian rasis dan berharap menjadi suporter yang benar-benar mendukung klub kebanggaannya.
  7. Menghimbau suporter Bonek untuk tidak hadir dan memaksakan diri hadir di stadion Kanjuruhan Malang.
  8. Untuk jajaran Polres yang dilalui agar di tempatkan personil khususnya di simpang-simpang yang rawan.
  9. Disarankan agar untuk pemain Persebaya dinaikkan Baracuda.
  10. Berdasarkan nota kesepakatan 1996 bahwa untuk pertandingan besok Bonek tidak hadir.
  11. Saat ini kesepakatan tersebut masih berlaku dan Bonek yang dituakan sudah mensosialisasikan ke masing-masing komunitas.
  12. Manajemen Persebaya akan menggelar nobar di Polrestabes Surabaya.
  13. Khusus lawan Persebaya dari Panpel melarang bawa anak termasuk petugas yang jaga dilarang memasukkan penonton.
  14. Nyanyian rasis di Arema pernah disanksi dan nyanyian tidak ada selama satu musim, namun saat kejadian di Jombang maka nyanyian itu muncul lagi.
  15. Sepakat untuk menjadi suporter yang bermartabat dengan memberikan sanksi berat jika melakukan pelanggaran.
  16. Kendala dilapangan adalah tingkat grassroot yang tidak semuanya mengetahui perkembangan informasi.
BACA:  Jelang Lawan Arema, Persebaya Kalahkan PS Kopa 3-0

Rapat koordinasi lanjutan tetap akan dilakukan jika nanti sudah ada kepastian jadwal kompetisi Liga 1 musim 2018 akan dilanjutkan kembali. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display