Tepati Janji pada Persebaya, Cak Arif Rintis Usaha Merchandise Bongkar

116
Cak Arif.
808Shares

EJ – Mencintai Persebaya bisa melalui banyak cara. Hal inilah yang barangkali ada di dalam benak Fajrul Arif, atau biasa dicapa Cak Arif Bongkar. Kecintaannya kepada Persebaya ia tuangkan ke dalam sebuah ide bisnis.

Awalnya, Cak Arif merintis usaha merchandise tentang Iwan Fals. Namun kecintaannya kepada Persebaya dan untuk menepati janjinya kepada Persebaya, ia pun akhirnya membuat merchandise bertemakan Persebaya. Nama Bongkar ia pilih sebagai brand merchandise yang ia buat.

“Saya membuka outlet Bongkar sejak tahun 2013. Awalnya saya membuat merchandise tentang Iwan Fals. Kemudian saya berjanji pada diri saya sendiri akan membuat merchandise tentang Persebaya kalau Persebaya sudah bangkit,” kata Cak Arif kepada EJ.

“Tapi sebelum sampai Persebaya bangkit, saya sudah mulai membuat merchandise tentang Persebaya. Waktu itu masih masa-masa perjuangan,” imbuhnya.

Beragam merchandise dijual di outlet Bongkar. Mulai dari mulai topi, gelang, kaos, jaket, hingga kemeja. Di setiap produknya, Cak Arif sangat memperhatikan kualitas. Baginya kualitas produk adalah yang nomor satu. Apalagi sejak Persebaya membuka store resmi.

Bagi Cak Arif yang merupakan perintis usaha rumahan, kehadiran Persebaya Store bukanlah sebagai pesaing. Namun merupakan pemacu bagi pelaku usaha kecil untuk semakin meningkatkan kualitas.

“Ketika Persebaya Store membuka banyak outlet sebenarnya itu tamparan buat para pembuat merchandise kecil-kecilan. Kalau kita tidak membuat produk yang berkualitas, kita akan hancur,” ujar Cak Arif.

Cak Arif sendiri menjadikan outlet Bongkar miliknya sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas. Baginya, menjadi Bonek selain total mendukung Persebaya juga harus punya kreativitas.

“Bonek harus terus kreatif agar citra di masyarakat berubah lebih baik. Kalau menurut saya, ketika Persebaya ikut kompetisi lagi kerativitas Bonek juga sudah terlihat,” katanya.

BACA:  Reky Rahayu Resmi Dilepas

Cak Arif berharap, Bonek semakin lebih baik dalam memberkan dukungan kepada Persebaya. “Ke depan Bonek harus terus berubah lebih baik lagi. Semuanya juga demi Persebaya yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (rvn)

Facebook Comments