Takluk dari Persib, Peluang Persebaya ke Semifinal Menipis

72
Tendangan penalti Rizky R saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Moch Soebroto Magelang (9/11)/Foto : Ervan Tria/EJ
Shares

EJ – Persebaya U-19 kembali gagal meraih kemenangan pada matchday 2 babak perempat final Liga 1 U-19. Menghadapi Persib U-19 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (9/11) sore, skuat asuhan Uston Nawawi takluk dengan skor tipis 2-1. Akibat kekalahan kedua yang diderita Persebaya, peluang Young Green Force untuk lolos ke semifinal pun menipis.

Bertekad meraih kemenangan perdana usai digebuk PSM Makassar pada laga pembuka, Persebaya terlihat kesulitan menghadapi permainan cepat Persib. Kecepatan dan agresivitas Maung Anom membuat Brylian Aldama dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan. Persib pun mendominasi babak pertama.

Meski menguasai jalannya laga, namun tim asuhan Budiman itu gagal menyarangkan gol ke gawang Persebaya. Beberapa peluang yang dikreasi Ilham Wiguna cs mentah di lini belakang Persebaya.

Sadar permainan anak asuhnya tak berkembang, Uston membuat perubahan di babak kedua. Jossa Andika dan Vengko Armedya dimasukkan untuk menambah daya sengat Persebaya. Mengandalkan serangan balik, Persebaya mulai bisa membahayakan pertahanan Persib. Persebaya memperoleh peluang emas untuk unggul setelah salah satu pemain Persib melakukan pelanggaran di kotak penalti pada menit ke-75.

Rizky Ramadhan yang maju sebagai algojo penalti mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Persebaya unggul 1-0.

Namun keunggulan Persebaya tak bertahan lama. Lengahnya lini belakang Persebaya mampu dimanfaatkan pemain depan Persib. Menit ke-81, Ilham Wiguna menyamakan kedudukan memanfaatkan serangan balik cepat yang dibangun Persib.

Ilham Wiguna benar-benar menjadi momok bagi Persebaya dalam laga ini. Ketika pertandingan memasuki menit pertama tambahan waktu, Ilham kembali mencetak gol. Tandukannya tepat di depan gawang Persebaya tak mampu diantisipasi oleh Muhammad Arham. Skor 2-1 untuk keunggulan Persib bertahan hingga waktu usai.

BACA:  Hansamu Yama dan Novan Setya Sasongko Diperkenalkan Hari Ini?

Gagal meraih poin dalam dua laga, peluang Persebaya untuk melaju ke partai semifinal Liga 1 U-19 semakin berat. Pasalnya, di waktu bersamaan, Persija U-19 berhasil mengalahkan PSM Makassar U-19 dengan skor 3-1. Hasil ini membuat Persebaya U-19 berada di posisi juru kunci Grup A, di bawah Persib yang mengoleksi 6 poin, dan Persija dan PSM yang sama-sama mengumpulkan 3 poin.

Selanjutnya, Persebaya akan menghadapi Persija pada matchday 3, Minggu (11/11) mendatang. (rvn)

Facebook Comments