Muhammad Iqbal, dari Persebaya U-16 Kini Waiting List ke Inggris

254
Foto : Dokumen Pribadi M Iqbal Pratama
497Shares

EJ – Kompetisi internal Persebaya adalah kawah candradimuka bagi para pemain sepak bola. Banyak pemain Persebaya dan Nasional yang lahir dari kompetisi ini. Lapangan Persebaya dan tribunnya di Karanggayam menjadi saksi.

Pemain Persebaya senior saat ini seperti Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Oktafianus Fernando, Fandi Eko Utomo sedikit diantara banyak alumni Karanggayam. Di level junior salah satu yang menonjol ada nama Muhamad Iqbal Pratama. Berposisi sebagai pemain belakang saat ini merupakan skuad Persebaya U-16 di musim 2018.

Salah satu pemain dengan menit bermain terbanyak di Pro Elite Academy U-16 tahun 2018. Ia ikut mengantar Persebaya sampai babak delapan besar. Iqbal mengawali karir sepak bolanya sejak kecil di kota kelahirannya, Pasuruan.

“Saya mulai suka sama sepak bola waktu duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 2,” kata Iqbal tentang awal mula bermain sepakbola.

Yang mendorong dan memotivasinya menurut pengagum Sergio Ramos adalah kedua orang tua. Ia bercita-cita menjadi pemain hebat sampai tingkat senior. “Saya sangat bangga bisa bergabung dengan Persebaya dan banyak pengalaman yang saya dapat dari Persebaya,” ungkap Iqbal setelah menjalani musim 2018.

Iqbal juga terpilih sebagai waiting list untuk berlatih di Inggris berkat penampilan cemerlang dan konsisten di Persebaya U-16 asuhan Yongky Kastanja. Saat ini Iqbal berlatih sendiri di rumah. Juga bersyukur atas capaian tahun lalu hingga terpilih ke tim nasional. “Alhamdulillah saya bersyukur bisa di pilih untuk mewakili Persebaya ke England,” tambah Iqbal.

Pengelolaan dalam usia muda di Persebaya menurut Iqbal sangat baik dan metode latihannya sangat bagus membuat dia dan rekan-rekan lainnya lebih bersemangat untuk memberikan yang terbaik. Untuk musim 2019 Iqbal sudah menentukan akan tetap bersama Persebaya. “Ini prioritas saya. Walaupun ada tawaran dari klub lain. Saya akan memilih Persebaya,” tegas Iqbal. (bim)

BACA:  Lebih Dekat dengan Nerius Alom, Gelandang Anyar Persebaya

 

Data Diri Iqbal:

Nama Lengkap: Muhammad Iqbal Pratama

Tempat Tanggal Lahir: Pasuruan 28 Mei 2002

Pemain idola Indonesia: Hansamu Yama

Pemain idola luar: Sergio Ramos

Klub idola luar: Real Madrid

SSB asal: Naga Gempol

Klub sebelumnya: Putra Surabaya

Facebook Comments