Persebaya Lolos 8 Besar dengan Rekor Gol yang Meyakinkan

Amido Balde. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya lolos ke babak 8 besar Piala Indonesia 2018/2019 setelah menumbangkan Persidago di Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/2). Kemenangan Persebaya sangat meyakinkan. Meski saat tandang ke Gorontalo sudah unggul 4-1, Persebaya tetap membombardir gawang klub Liga 3 itu dengan 7 gol tanpa balas.

Damian Lizio, pemain asing terbaru Persebaya, menjalani debutnya. Selain Damian, pelatih Djadjang Nurdjaman tetap memasang semua pemain asingnya.

Amido Balde melakukan tendangan pertama dalam laga ini. Damian bermain di tengah bersama Elisa Basna dan Misbakus Solikin. Peluang pertama didapatkan Oktafianus Fernando. Sampai menit 15, kedua tim saling melakukan serangan. Green Force sedikit lebih unggul serangan.

Persebaya memasang penjaga gawang baru Abdul Rohim. Dua sapuan ala Miswar dipertontonkan di menit-menit awal menggagalkan serangan tim Laskar Menara. Elisa Basna yang juga menjalani laga sebagai debut terlihat beberapa kali kehilangan bola di sisi kiri.

Iklan

Persebaya sempat mencetak gol melalui Manuchekhr Dzhalilov pada menit 25. Namun gol itu dianulir wasit Fariq Hitaba karena Amido Balde dianggap melakukan pelanggaran sebelumnya. Persebaya masih kesulitan menembus pertahanan berlapis Laskar Menara.

Persebaya baru bisa mencetak gol menit 29. Sebuah umpan cerdas dari Dzhalilov berhasil diselesaikan Amido Balde. Ini gol ketujuh striker jangkung tersebut. Satu menit berikutnya, kerjasama bagus dari Damian yang memberi umpan ke Dzhalilov dilanjutkan umpan ke Balde menjadi gol kedua Persebaya sore ini. Persebaya unggul 2-0.

BACA:  Lini Belakang Persebaya Belum Dapat Ujian Serius

Tertinggal dua gol permainan Persidago semakin terbuka. Satu peluang emas didapatkan Harianto Panto. Ia sudah mampu mengecoh Abdur Rohim, beruntung sontekannya melambung.

Persebaya menambah keunggulan menjadi tiga gol. Diawali tendangan sudut, bola disundul Amido Balde dan sempat menyentuh mistar gawang. Bola liar disambar sentuhan pelan Otavio Dutra. Gol ini terjadi pada menit 35. Laga semakin tidak berimbang. Damian kembali menjadi aktor terciptanya gol keempat. Bola tendangan bebasnya dimanfaatkan Hansamu Yama menit ke 40 menjadi gol. Skor semakin menjauh menjadi 4-0.

Di penghujung laga babak pertama Damian Lizio akhirnya mencetak gol pada laga debutnya. Sebuah serangan balik cepat, ia lolos dari perangkap offside. Dengan kaki kanannya, ia menjebol gawang Mario Fabio. Babak pertama usai, Persebaya sudah unggul 5-0.

Memulai dengan keunggulan lima gol tidak membuat Persebaya berhenti menyerang. Di awal babak kedua Persebaya menarik Elisa Basna dan memasukkan Alwi Slamat.

Babak kedua baru berjalan 10 menit, Amido Balde mencetak gol ketiganya. Sebuah umpan Ruben Sanadi menjadikan bola liar depan gawang. Balde dengan tenang menceploskan bola ke gawang Persidago. Setelah gol tercipta, Djanur kembali mengganti pemain. Nelson Alom masuk dan Misbakus Solikin keluar. Ini penampilan pertama Nelson Alom sejak cedera di Liga 1 musim lalu.

Abdul Rohim membuat penyelamatan gemilang. Satu tendangan keras pemain Gorontalo berhasil diblok dengan baik. Tidak banyak serangan berbahaya dari tim Laskar Menara, tetapi penyerang Persidago bermain cukup ngotot dan ngeyel dengan membuat serangan sporadis yang cukup mengagetkan.

BACA:  Berkat YouTube, Persebaya Bisa Baca Permainan Persidago

Pergantian kembali dilakukan Djanur dengan menarik keluar Ruben Sanadi digantikan Rendi Irwan. Amido Balde sore ini menggila. Satu heading-nya menerima umpan Alwi Slamat berhasil menjadi gol. Ini gol kesepuluh Balde dalam Piala Indonesia. Persebaya kembali menambah gol menjadi 7-0

Sampai akhir laga, keunggulan 7-0 tidak bertambah. Kemenangan ini memastikan Persebaya lolos 8 besar Piala Indonesia dengan agregat 11-1. Total selama menjalani 5 laga, Persebaya telah mencetak 37 gol, sebuah rekor gol yang meyakinkan.

Persebaya masih harus menunggu calon lawan di babak berikutnya. Akan ada drawing untuk menentukan tim-tim yang bertemu. Selanjutnya, Bajol Ijo akan bersiap ikut turnamen Piala Presiden 2019 dan akan menjalani laga Grup A di Bandung bersama Persib, PS TIRA Persikabo, dan Perseru Serui. (bim)

Daftar Susunan Pemain:

PERSEBAYA: Abdul Rohim (GK), Novan Setya, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (c)/Rendi Irwan 67’, Elisa Yahya Basna /Alwi Slamat 47’, Misbakhus Solikin /Nelson Alom 57’, Damian Emanuel Lizio, Manuchekhr Dzhalilov, Oktafianus Fernando, Amido Balde

PERSIDAGO: Mario Fabio (GK), Fahmid Polutu, Ismet Tahir, M Alfajrin Husni /Frans Ahmad 45’, Ismunandar M, Matris Tatani, Febryanto Bagoe/Wahyunal Riski 85’, Firman Pasi, Haryanto Panto/Fatra Mogangga 84’, Ismail Adam, Yuaib Rauf (c)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display