Persebaya Balikkan Keadaan, Cetak Tiga Gol ke Gawang Perseru

Amido Balde usai cetak gol penyama kedudukan. Foto: Mungki for EJ
Iklan

EJ – Persebaya membuat epic comeback di laga pertama Grup A Piala Presiden 2019. Bermain melawan Perseru di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (2/3), Green Force sukses mencetak tiga gol di babak kedua setelah tertinggal dua gol.

Persebaya mengawali kick-off babak pertama. Menggunakan jersey pramusim hijau-hijau, Persebaya langsung berinisiatif menyerang dibawah guyuran hujan cukup lebat. Asisten pelatih Bejo Sugiantoro langsung menurunkan semua pemain asingnya.

Misbakus Solikin menciptakan shoot on target pertama pada menit ke-6 tetapi masih lemah tendangannya. Sepuluh menit pertama, Persebaya sangat dominan menguasai bola. Manuchekhr Dzhalilov dan Irfan Jaya menjadi dua sayap dalam laga ini.

Perseru yang diasuh I Putu Gede sesekali melakukan serangan. Duet Otavio Dutra dan M Syaifudin masih dengan tenang menghalau serangan pemain Serui. Satu peluang Turkovic Nedo melenceng dari gawang Miswar.

Iklan

Serangan bervariasi yang dilakukan skuad Green Force belum menghasilkan gol sampai menit ke-30. Irfan Jaya dan Dzhalilov beberapa kali memperoleh peluang tetapi masih gagal. Menit 31, gol Irfan Jaya dianulir wasit. Menerima bola muntah dari tendangan Dzhalilov, Irfan sudah terperangkap offside sebelum menceploskan bola ke gawang.

Perseru justru memcetak gol lebih dahulu. Lolos dari perangkap offside dan ada kesalahan dari Miswar Saputra, Nur Akbar berhasil mencetak gol menit 35. Perseru unggul 1-0. Tertinggal satu gol Persebaya meningkatkan serangan di bawah guyuran hujan yang makin lebat.

BACA:  Terima Kekalahan, Putu Gede Sebut Persebaya Lebih Baik

Tanpa diduga, tiga menit berselang Perseru justru mencetak gol kedua. Adalah Delvin Rubino membuat Miswar memungut bola kedua kalinya dari gawangnya. Bola lambungnya tidak mampu dijangkau Miswar. Perseru menambah keunggulan menjadi 2-0.

Persebaya tidak putus asa terus menyerang. Lima menit terakhir ada dua peluang dari Lizio dan Alwi. Bola tendangan masih melenceng. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Perseru 2-0.

Babak kedua

Tertinggal dua gol di babak pertama, Bejo langsung memasukkan Oktafianus Fermando di awal babak kedua. Oktafianus masuk menggantikan Alwi Slamet.

Oktafianus langsung menempati posisi sayap dan menjadikan Dzhalilov bergeser di belakang Amido Balde. Serangan Persebaya semakin gencar melalui kedua sisi. Pada menit ke 62 sebuah tendangan bebas Novan dari sisi kanan membuat bola liar di depan gawang Perseru. Bola memantul ke kaki Balde dan menjadikan gol balasan. Persebaya mempertipis ketinggalan menjadi 1-2.

Balde sempat mencetak gol di menit 69 namun dianulir wasit. Posisi Balde saat bergerak menanduk bola silang Ruben dalam posisi offside. Serangan Persebaya bergelombang membombardir pertahanan Perseru. Novan di kanan dan Ruben di kiri seringkali membuat serangan berbahaya.

BACA:  Bawa Empat Pemain Asing Trial, Perseru Yakin Tampil Maksimal

Damian Lizio hampir saja membuat gol. Bola tendangan dari kotak penalti menit 80 hanya menerpa mistar gawang. Kembali tiang gawang menjadi penyelamat gawang Perseru. Sebuah tendangan Ruben Sanadi menit 82 menyentuh tiang kiri.

Gol yang ditunggu akhirnya datang. Bola silang dari Otavio Dutra dengan sundulan khasnya Amido Balde mencetak gol kedua menit 88. Persebaya menyamakan kedudulan menjadi 2-2.

Persebaya membalikkan keadaan pada menit ke 90. Tendangan melambung Dzhalilov dari jarak jauhnya melewati penjaga gawang Perseru yang maju. Perseru tertinggal 2-3 sampai menit perpanjangan waktu.

Tambahan waktu 5 menit diberikan wasit di babak kedua. Persebaya lebih tenang setelah unggul. Peluit panjang wasit dibunyikan dengan hasil kemenangan untuk Persebaya. Kemenangan ini membuat Persebaya memimpin klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Laga berikutnya, Persebaya akan menghadapi Persib, Kamis (7/3). (bim)

Susunan Pemain Persebaya:

Miswar Saputra (GK), Novan Setya, Otavio Dutra, M Syaifuddin, Ruben Sanadi (c), Alwi Slamet/Oktafianus Fernando 45’, Misbakus Solikin, Manuchekhr Dzhalilov, Damian Lizio, Irfan Jaya, Amido Balde

Pencetak gol:

Perseru: Nur Akbar 35’, Delvin Rubino 38’
Persebaya: Amido Balde 62’, 88’, Manuchekr Dzhalilov 90’

Stadion Si Jalak Harupat, Bandung
Sabtu, 2 Maret 2019
Matchday 1 Grup A Piala Presiden 2019

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display