Tumbangkan Persib, Persebaya Raih Kemenangan Kedua

Irfan Jaya mencetak gol ketiga untuk Persebaya. Foto: Mungki For EJ
Iklan

EJ – Persebaya memenangkan laga keduanya di Piala Presiden 2019. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3), Green Force unggul 3-2 atas Persib Bandung. Manuchekhr Dzhalilov mencetak dua gol di pertandingan ini. Sementara satu gol disumbangkan Irfan Jaya.

Kedua tim tampil dengan sama-sama menggunakan jersey kandangnya. Persib dengan warna biru dan Persebaya dengan warna hijaunya.

Babak Pertama

Peluit wasit tanda dimulainya laga kedua tim langsung menampilkan permainan saling serang. Persebaya memasang pertahanan agak tinggi. Belum 10 menit sudah tiga kali pemain Persib terperangkap offside. Persib sedikit lebih mendominasi permainan. Gozali Siregar dan Esteban Viscarra mendukung striker Ezechiel N’douassel. Dua fullback Persebaya Novan di kiri dan Syaifudin di kanan bekerja keras mengawal dua sisi pertahanan. Sepuluh menit pertama tidak ada peluang berbahaya.

Iklan

Persib lebih mengandalkan umpan silang dari kedua sayap. Satu peluang Eze, panggilan Ezechiel N’douassel, saat menerima tendangan bebas masih tipis samping kanan gawang Rohim. Sementara sampai menit 25, Persebaya belum sekalipun melakukan tendangan ke gawang Persib.

Serangan Persib akhirnya menjebol gawang Persebaya menit ke-31. Satu kesalahan kecil Hansamu Yama membuat bola berhasil direbut pemain Persib. Bola diarahkan ke Erwin Ramdhani. Ia melewati Andri Muladi dan mencocor bola tanpa bisa dihadang Rohim. Persib unggul 1-0.

Hanya lima menit Maung Bandung unggul, Persebaya menyamakan kedudukan. Diawali penetrasi Balde di sisi kiri, ia mengumpan ke Novan. Selanjutnya Novan memberi umpan silang ke depan gawang Persib. Bola disundul pemain Persib ke tengah, bola liar ditendang langsung oleh Fandi Eko. Bola muntah dan jatuh ke kaki Dzhalilov. Dengan tenang, ia memasukkan bola ke gawang Deden Natsir. Gol ini terjadi pada menit ke 36. Gol ini membuat skor laga menjadi imbang 1-1.

BACA:  Robert Alberts: Kami Mungkin Bisa Unggul 6-1 Atau 7-1

Gol Manu membuat laga menjadi semakin menarik. Damian Lizio menit 41 hampir saja membuat gol. Satu serangan balik Lizio masuk kotak penalti. Tendangan keras kaki kirinya dengan sempurna diblok oleh Deden Natsir. Babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang bagi kedua tim.

Babak Kedua

Tidak ada pergantian pemain dari kedua tim. Bola pertama dilakukan oleh Persib. Serangan pertama langsung dilakukan pasukan Maung Bandung.

Hansamu dan Andri Muliadi secara bergantian mengawal Eze. Menit ke-50, Persib hampir mencetak gol. Bola tendangan sudut Gozali diteruskan sundulan Eze dan bola liar hampir saja disambar Vizcarra. Bola berebut dengan Fandi Eko. Kejadian itu membuat Fandi Eko harus diganti M Hidayat karena cedera.

Dzhalilov kembali membuat Bonek berjingkrak. Tendangan keras dari luar kotak penalti gagal dihadang Deden Natsir. Gol menit 51 ini diawali tendangan gawang, bola disundul Balde dan langsung disambar Manu tanpa mengontrol bola. Tuan rumah tertinggal 1-2.

Tertinggal satu gol membuat Persib lebih menyerang. Abdul Rohim membuat dua penyelamatan brilian. Menit ke-69, sundulan Eze masih mampu ditepis dan sempat menerpa mistar gawang. Persib terus menekan dan Persebaya mengandalkan serangan balik. Abdul Azis dimasukkan Miljan Radovic menggantikan Erwin Ramdani untuk meningkatkan serangan.

BACA:  Jadwal Persib vs Persebaya Dimajukan Sore Hari

Asyik menyerang, gawang Persib kembali kebobolan. Kerjasama Damian Lizio dan Irfan Jaya menit 77 menghasilkan gol ketiga. Tendangan kaki kanan Irfan setelah melewati Zalnando bersarang disisi kanan gawang Deden. Persebaya semakin unggul menjadi 3-1.

Setelah mencetak gol Irfan diganti Oktafianus Fernando. Sementara Persib menarik Gozali dan memasukkan pemain termuda yakni Beckham Putra. Keunggulan dua gol membuat pemain Persebaya lebih tenang.

Persib memperkecil ketinggalan melalui Frets Butuan menit ke 85. Satu umpan terobosan Beckham, sprint Frets tak terkejar M. Hidayat dan dengan kaki kiri menjebol gawang Abdul Rohim. Masuknya Beckham membuat serangan Persib lebih banyak variasi. Sisi kanan Persebaya digempur secara terus menerus. Syaifudin dan semua pemain belakang Persebaya dibuat sibuk di menit-menit akhir.

Satu peluang Supardi menit 90 hampir saja menjadi gol ketiga Persib. Bola tendangan kaki kirinya masih melayang tipis di sisi kanan gawang Persebaya. Rendi dimasukkan oleh Djanur menggantikan Lizio di tambahan waktu babak kedua. Empat menit tambahan waktu diberikan wasit. Peluit panjang berbunyi dan Persib harus mengakui keunggulan Persebaya dengan skor 3-2.

Kemenangan ini membuat Persebaya mengumpulkan enam poin hasil dua kali kemenangan. Laga berikutnya adalah menghadapi PS TIRA Persikabo. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display