Data dan Fakta Bali United Lawan Persebaya

253
Latihan perdana Persebaya di bulan Ramadhan, Selasa (7/5). Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Liga 1 2019 dimulai dengan laga pembuka PSS Sleman (Juara Liga 2 2018) menghadapi Arema FC (Juara Piala Presiden 2019) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5) kemarin.

Persebaya yang di musim 2018 menempati peringkat kelima baru akan berlaga pada Kamis (16/5) menghadapi Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Puluhan ribu penonton dipastikan akan memenuhi stadion. Ini karena sanksi laga tanpa penonton sudah dicabut oleh PSSI.

Duel Pelatih Juara, Djanur Masih Unggul

Pertemuan kedua klub juga akan menarik dari pinggir lapangan. Juru latih kedua tim adalah sama-sama pernah membawa tim yang dilatihnya menjadi juara Liga Indonesia.

Djadjang Nurdjaman pernah membawa Persib Bandung menjadi juara tahun 2014. Sedangkan Stefano Cugurra dari Bali United musim lalu 2018 membawa Persija Jakarta menjadi yang terbaik.

Rekor pertemuan kedua pelatih musim 2018 masih unggul Djadjang Nurdjaman. Saat menukangi PSMS Medan berhasil mengalahkan Persija di mana Teco jadi pelatihnya 3-1 di putaran pertama. Sedangkan pada putaran kedua, Djanur kembali mengalahkan Teco. Kali ini Djanur membawa Persebaya menggunduli Persija dengan 3-0.

Paolo Sergio vs Damian Lizio

Nama Paolo Sergio di musim 2017 adalah jaminan mutu. Permainan yang konsisten dan penampilan yang baik membuat dia terpilih menjadi pemain terbaik liga di akhir musim. Saat itu Paolo menjadi pemain Bhayangkara FC dan membawanya menjadi juara.

Saat ini Paolo akan memimpin lini tengah Bali United. Fadil Sausu, M Taufik bisa menjadi rekannya di lini tengah. Penampilannya di Piala Presiden dan Piala Indonesia sudah mulai terlihat menyatu di tim barunya.

Sementara Damian Lizio pemain asal Bolivia ini adalah pendatang baru di Liga Indonesia. Kualitas skill yang di atas rata-rata dan semangat juang yang tinggi membuatnya jadi idola baru di Persebaya. Persebaya dibawanya sampai final Piala Presiden lalu.

Lizio adalah seorang gelandang serang yang diandalkan oleh Persebaya. Visi bermainnya membuat serangan Persebaya lebih variatif dan menyokong para juru gedor untuk lebih mudah mencetak gol.

BACA:  Mengintip Skuad Bali United di Musim 2019

Pemain Absen

Liga baru akan memasuki pekan pertama, tetapi sudah ada pemain akan absen dari laga pertama ini. Baik Bali United sebagai tuan rumah maupun Persebaya sebagai tamu sama-sama akan kehilangan pemain andalannya.

Melvin Platje salah satu pemain asing Bali United dipastikan akan absen karena masih cedera. Sementara di sisi Persebaya justru lebih banyak lagi. Ada Otavio Dutra yang patah hidung saat uji tanding dengan Persela. Juga masih ada Nelson Alom, Oktafianus Fernando juga masih pemulihan. Sementara satu-satunya striker murni Amido Balde masih terkendala syarat administrasi.

Persebaya datang ke Bali hanya membawa dua pemain asingnya. Damian Lizio dan Manu Dzhalilov. Dzhalilov sendiri masih diragukan kondisinya belum 100 persen prima. Sementara Bali United selain Platje semua pemain asingnya siap bermain. Mereka adalah William Pacheco, Brwa Nouri, dan Paolo Sergio.

Komentar Tim

“Kami tahu Teco cukup berhasil dengan Persija dan sekarang datang ke Bali United tetap dengan materi pemain yang komplet. Artinya, saya pikir Teco akan menerapkan apa yang sudah dilakukan di Persija.”

— Djadjang Nurdjaman

“Tahun ini mereka (Persebaya) bermain baik hingga mampu mencapai final Piala Presiden. Mereka juga masih berjuang di Piala Indonesia 2018. Sebagai lawan perdana di Liga 1 tahun ini, kami tentu akan tetap respek dan akan bekerja keras meraih tiga poin di kandang kami,”

— Stefano Cugurra

Head to Head:

Liga 1 2018 putaran pertama: Persebaya vs BaliUnited 1-0
Liga 1 2018 putaran kedua: Bali United vs Persebaya 2-5

Perkiraan pemain:

Bali United

Wawan H (GK), Dias Angga, William Pacheco, Leonard T, Ricky Fajrin, Paolo Sergio, Fadil Sausu, M Taufik, Stefano Lilipali, Yabes Roni, Iilja Spasojevic

Persebaya

Miswar S (GK), Novan S, Hansamu Yama, Rachmat Irianto, Ruben S, M Hidayat, Fandi Eko, Alwi Slamat, Irfan Jaya, Damian Lizio, Osvaldo Haay

Facebook Comments