Persebaya Butuh Sosok Target Man, Amido Balde Solusinya

268
Amido Balde saat latihan Persebaya di Stadion Jenggolo (19/5). Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Shares

EJ – Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman tampaknya tidak ragu untuk langsung menurunkan Amido Balde dalam laga melawan Kalteng Putra (21/5/2019). Itu karena Persebaya memang tengah membutuhkan sosok target man.

Sebelumnya Amido harus absen dalam laga perdana di Liga 1 melawan Bali United karena harus menyelesaikan proses administrasi. Kini, setelah proses itu rampung, Djadjang positif bakal menurunkan pemain yang baru genap 28 tahun pada 16 Mei 2019 lalu tersebut.

“Yang saya pastikan Balde siap diturunkan dan kemungkinan akan saya turunkan. Karena bagaimanapun kami butuh target man di depan. Sehingga kalau ada aksi di sayap (tidak bingung, red),” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

“Kemarin (lawan Bali United) kadang-kadang mikir pemain mau crossing, mau diangkat tidak jadi lagi,” tambahnya.

Pada laga melawan Bali United (16/5/2019) dalam pekan pertama Liga 1, Djanur menurunkan Osvaldo Haay di posisi striker. Ia ditopang oleh gelandang sayap, Damian Lizio di sisi kiri dan winger Irfan Jaya di sisi kanan.

Hasilnya memang tidak banyak umpan yang dilancarkan kedua sayap ke lini depan. Satu-satunya gol Persebaya tercipta lewat M. Syaifuddin memanfaatkan kemelut didepan gawang. Persebaya akhirnya harus menerima kekalahan 1-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

“Bagaimanapun kami butuh pemain yang berpostur seperti Balde di depan gawang,” kata mantan pelatih PSMS Medan dan Persib Bandung itu.

Kondisi Dzhalilov dan Nelson Alom

Selain Amido, Djanur juga optimis bisa menurunkan Manuchekhr Dzhalilov. Sebelumnya, pemain asal Tajikistan itu hanya tampil selama 30 menit di laga melawan Bali United karena belum sepenuhnya fit paska cedera.

Namun, Persebaya belum bisa menurunkan gelandang bertahan Nelson Alom. Meski sudah menjalani latihan penuh, Nelson belum sepenuhnya siap menjalani laga perdana setelah absen selama tiga bulan.

BACA:  Dua Pemain Papua di Kalteng Putra Ini Diwaspadai Djanur

“Dzhalilov kelihatannya oke. Alom saya pastikan belum siap diturunkan di pertandingan besok, kami akan lihat ke depan,” kata Djanur. (riz)

Facebook Comments