Tumbangkan Borneo di Segiri, Bajol Ijo Raih Kemenangan Perdana

Borneo FC vs Persebaya. Foto: Persebaya.id
Iklan

EJ – Persebaya akhirnya meraih kemenangan perdana di pekan kelima Liga 1 2019. Menghadapai tuan rumah Borneo FC di Setadion Segiri, Minggu (23/6), Bajol Ijo menang 2-1. Dua gol Persebaya dicetak kapten Ruben Sanadi dan Oktafianus Fernando. Sementara gol balasan Borneo dicetak Terens Puhiri.

Babak Pertama

Persebaya tampil dengan menggunakan kostum tandang putih-putih. Sementara Borneo menggunakan jersey orange. Djadjang Nurdjaman membangkucadangkan Amido Balde. Osvaldo Haay dipasang sebagai striker didampingi Oktafianus Fernando dan Manuchekhr Dzhalilov di lini depan.

Lima menit pertama laga berlangsung imbang. Kedua tim saling serang. Pada menit ke-7, Dzhalilov mendapatkan peluang namun dijatuhkan di kotak penalti. Wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. Sepuluh menit pertama Persebaya lebih banyak berinisiatif menyerang. Misbakus Solikin dan Lizio menjadi motor lini tengah. Nadeo penjaga gawang Borneo FC beberapa kali mematahkan serangan Bajol Ijo.

Iklan

Borneo FC mulai keluar menyerang memasuki menit ke-15. Matias Conti pergerakannya membuat Hansamu dan Syaifuddin yang mengawal lini belakang bekerja keras. Satu tendangan Amrizal Umanailo menit 18 berhasil ditepis Miswar Saputra.

Memasuki menit ke 30 Persebaya masih kesulitan menembus pertahanan tuan rumah. Belum ada peluang emas yang didapatkan. Variasi serangan Persebaya mudah dibaca anak asuh Mario Gomez. M Hidayat menjadi pemain pertama yang terkena kartu kuning dalam laga ini. Hidayat menit 31 menghentikan laju Umanailo. Peluang emas didapatkan Persebaya menit 32 , sebuah umpan terobosan Dzhalilov gagal dimanfaatkan Osvaldo Haay. Bola sodorannya tidak langsung ditendang tetapi dioper kepada Oktafianus. Bola terpotong pemain lawan.

BACA:  Waspada Rekor Apik Borneo FC dan Mario Gomez di GBT

Gawang Persebaya hampir bobol oleh tendangan bebas Renan Silva pada menit 34. Tendangan ini diperoleh setelah ada pelanggaran di depan gawang Miswar. Bola tendangan keras berhasil ditepis dengan gemilang oleh Miswar.

Persebaya memecah kebuntuan dengan mencetak gol menit 41. Sebuah serangan dari bawah. Dzhalilov membawa bola ke kotak penalti. Bola dioper ke Ruben Sanadi, dengan kaki kirinya kapten tim ini menendang bola tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang lawan. Borneo FC tertinggal 0-1 dari tamunya. Gol ini adalah gol pertama Ruben Sanadi musim ini.

Memasuki menit 45 Misbakus Solikin diganti oleh Fandi Eko Utomo. Sampai babak pertama berakhir Borneo FC tertinggal 0-1.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol Borneo FC memulai babak kedua dengan menarik gelandang bertahan Wahuyudi digantikan Rifat Lastori. Mengawali babak kedua Persebaya tetap bermain seperti babak pertama.

Permainan semakin terbuka kedua tim dalam menyerang. Persebaya mendapatkan peluang on target menit ke 52 melalui Damian Lizio. Kerugian Persebaya saat memasuki menit 57 setelah Hansamu Yama cedera. Rachmat Irianto masuk menggantikannya. Terens Puhiri sempat mencetak gol tetapi dianulir wasit Oki Dwi karena sudah offside terlebih dahulu.

Mario Gomez akhirnya memasukkan Lerby Eliandri pencetak dua gol musim lalu pada menit 66. Borneo FC semakin menyerang dengan dua striker Matias Conti dan Lerby. Persebaya kembali kehilangan pemainnya karena cedera. Menit 68, M Hidayat ditandu keluar dan diganti Abu Rizal Maulana. Ini adalah pergantian terakhir oleh Bajol Ijo.

BACA:  Imbang Lawan Borneo, Penyelesaian Akhir Masih Jadi PR 

Dzhalilov kembali menjadi aktor untuk gol kedua Persebaya. Akselerasinya menyisir sisi kanan Borneo berhasil dikonversi menjadi gol oleh Oktafianus Fernando menit 70. Oktafianus menendang langsung tanpa mengkontrol bola dan mengecoh Nadeo. Borneo FC semakin tertinggal dengan 0-2 atas Persebaya. Gol ini membuat gemuruh Bonek yang hadir langsung di Stadion Segiri.

Miswar Saputra kembali mementahkan peluang Borneo menit 75. Sebuah tendangan keras Matias Conti dimentahkan dengan kakinya. Serangan Borneo yang gencar membuat Abu Rizal harus menerima kartu kuning menit 79. Abu Rizal melakukan pelanggaran saat memotong serangan lawan. Miswar lagi-lagi mementahkan tendangan Lerby menit 81. Gawang Miswar akhirnya bobol menit 88 oleh Terens Puhiri. Kesalahan antisipasi bola lambung oleh Syaifuddin berhasil dimanfaatkan Terens. Borneo memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Wasit Oki Dwi memberi waktu tambahan 4 menit pada babak kedua. Lini pertahanan Persebaya bekerja keras. Menit 90 gawang Miswar hampir dibobol Renan Silva. Tendangannya sangat tipis disisi kiri gawang Miswar. Pada menit terakhir pelanggaran keras Oktafianus Fernando mendapatkan kartu kuning.

Persebaya akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana dalam musim ini. Gol Ruben Sanadi dan Oktafianus Fernando berhasil membungkam tuan rumah Borneo FC 2-1 di kandangnya. Kemenangan ini menjadi modal penting untuk laga leg kedua Piala Indonesia menghadapi Madura United (27/6) di Pamekasan. (bim)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display