Persebaya Comeback, Menang Perdana di Kandang, Naik Papan Atas

Selebrasi gol Oktafianus Fernando di babak pertama. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Misi Persebaya untuk meraih kemenangan perdana di kandang, Gelora Bung Tomo, akhirnya tercapai. Melewati perjuangan setelah dua kali tertinggal dari Persela, Persebaya akhirnya menang dengan skor 3-2 di laga yang digelar Senin (1/7) sore ini.

Manuchekhr Dzhalilov masih absen usai mengalami cedera. Sementara Otavio Dutra yang absen cukup lama dipasang Djadjang Nurdjaman dari awal babak.

Babak Pertama

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Persebaya dikejutkan oleh gol yang dicetak Lucky Wahyu. Bola yang ditendang dari sisi kiri kotak penalti Persebaya tidak mampu dijangkau Miswar Saputra. Tim tamu unggul 1-0.

Iklan

Tertinggal, tuan rumah lebih meningkatkan serangan. Persebaya mengalami dua hasil seri di kandang sebelumnya sehingga membuat para pemain sedikit tertekan.

Akhirnya gol Persebaya datang juga. Diawali dengan tendangan sudut, Oktafianus Fernando mampu menyundul bola tersebut dan akhirnya menjadi gol. Skor ketat 1-1!

Meski bermain di kandang Persebaya, Persela memilih main terbuka dan menciptakan peluang berbahaya. Salah satunya peluang dari Alex Dos Santos yang tinggal berhadapan dengan Miswar. Beruntung, bola sontekannya hanya tipis menyamping gawang.

BACA:  Merasa Aneh, Fabio Oliveira Bersyukur Menang Lawan Persebaya

Amido Balde dimasukkan Djanur untuk menggantikan Oktafianus yang mengalami cedera. Ia sempat menciptakan peluang tapi masih mampu digagalkan pemain Persela. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan sama kuat 1-1.

Babak Kedua

Persela langsung mendapatkan peluang di awal babak kedua. Sebuah tendangan bebas dari Alex do Santos masih melambung di atas gawang Miswar.

Persebaya harus kembali tertinggal setelah Alex dos Santos menceploskan gol ke gawang yang telah melompong pada menit 55. Berawal dari jebakan offside yang gagal, Sugeng Efendi lolos mendekati sisi kiri kotak penalti Persebaya. Miswar yang mencoba menghadang tak mampu menghalau umpan dari Sugeng. Bola dengan mudah dilesakkan. Skor 2-1 untuk Persela.

Persebaya mencoba menekan untuk menyamakan kedudukan. Irfan Jaya akhirnya mencatatkan namanya di papan skor di menit 61. Berawal dari kemelut di dalam kotak, bola yang diumpan Osvaldo Haay mampu dikontrol Irfan. Ia langsung menendang bola dan sempat mengenai kaki pemain Persela. Bola itu berbelok arah dan tak mampu dijangkau Dian Agus.

BACA:  Soal Tuntutan Out dari Bonek, Ini Kata Pikal

Lima menit berselang, Amido Balde membuat tuan rumah unggul. Sebuah umpan dari Osvaldo Haay mampu diselesaikan melalui sundulan Amido. Ini adalah gol perdana pemain asal Guinea-Bissau untuk Persebaya di Liga 1.

Di injury time, Damian Lizio menerima kartu kuning kedua yang membuatnya harus keluar lebih cepat. Ia tidak bisa bermain saat Persebaya bertemu Persib di pekan ke-7.

Hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan, Persebaya mampu mempertahankan keunggulan. Ini adalah kemenangan perdana Persebaya di kandang. Kemenangan ini membuat Green Force merangsek ke peringkat 5 klasemen sementara Liga 1. (iwe)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display