Ditekuk PSS, Persebaya Telan Kekalahan Kedua

108
Foto: Persebaya.id
Shares

EJ – Persebaya menelan kekalahan kedua musim ini. Laga melawan PSS Sleman yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (13/7), Persebaya kalah 1-2. Meski sempat memimpin lewat gol Damian Lizio, PSS memborong dua gol lewat kaki Yevhen dan Tuharea.

Persebaya turun ke lapangan dengan jersey putih dan celana putih. Sementara tuan rumah PSS tampil dengan warna hijau hijau. Para pemain Persebaya mengenakan pita hitam dalam laga ini. Pita hitam tersebut untuk penghormatan kepada Jhonerly Simanjuntak salah satu Bonek yang meninggal dunia dua hari lalu.

Babak Pertama

Osvaldo Haay mengawali kick off malam ini. Lima belas menit pertama PSS lebih banyak menyerang melalui kedua sayapnya. Sementara Persebaya bermain hati-hati dan sesekali menyerang melalui Irfan Jaya di sisi kanan.

Brian Ferera dan Guilermo Patata dari PSS sangat dominan di tengah. Damian Lizio dan Fandi Eko bekerja keras membendung serangan dari tengah dibantu Hidayat.

Baru pada menit ke 16 Persebaya mempunyai peluang emas. Manu Jalilov terlambat menendang bola saat sudah berhadapan dengan penjaga gawang lawan. Bola yang memantul juga gagal dimanfaatkan Osvaldo Haay. Melihat Jalilov gagal memanfaatkan peluang Djadjang Nurdjaman terlihat kecewa dan berdiri dari bangku cadangan pemain.

Persebaya unggul terlebih dahulu menit ke-27 melalui Damian Lizio. Sepanjang 25 menit lebih bertahan justru tim tamu mencetak gol lebih dahulu. Diawali akselerasi Novan di sisi kanan menimbulkan bola liar. Tendangan Irfan Jaya membentur mistar. Bola jatuh ke sisi kiri gawang PSS, dengan tendangan kaki kanan keras dari Lizio bola menembus jala gawang Try Hamdani. PSS tertinggal 0-1 dari Persebaya.

Gol tersebut disambut teriakan gemuruh Bonek yang hadir langsung di stadion. Di sisi lapangan Djadjang Nurdjaman dan para pemain di bangku cadangan melakukan sujud sukur terjadinya gol Lizio.

Tertinggal gol PSS terus menyerang lini pertahanan Persebaya. Syaifudin dan Dutra secara bergantian menghalau serangan dari tengah. Brian Ferera mendapatkan peluang. Melalui tendangan jarak jauh menit 33 dengan gemilang ditepis Miswar Saputra. Sebelumnya tendangan Brian hanya menyamping gawang Bajol Ijo.

BACA:  Djanur Berharap Pemain Persebaya Bangkit

Serangan PSS akhirnya membuahkan hasil. Sebuah aksi Brian diakhiri tendangan tendangan Yevhen di depan gawang Miswar menit ke-40. Ini gol keempat Yevhen di musim ini. Gol ini membuat skor imbang 1-1. Dan stadion Maguwoharjo semakin bergemuruh.

Tambahan waktu dua menit babak pertama tidak terjadi gol lagi. Skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir pada babak pertama.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai tanpa ada pergantian pemain di kedua kesebelasan. Seperti di babak pertama tuan rumah PSS langsung menyerang lini pertahanan Persebaya.

Tak butuh waktu lama Haris Tuharea membuat PSS unggul. Sebuah serangan dari sayap oleh Brian Ferreira tidak bisa diantisipasi lini belakang Persebaya. Bola mendatarnya langsung disambar Haris ke pojok kanan gawang Miswar. Gol ini terjadi menit ke 55 dan membuat PSS unggul 2-1.

Tersentak gol cepat Persebaya lebih keluar menyerang. Permainan semakin menarik dan cepat serta keras.

Persebaya berpeluang menyamakan kedudukan. Sebuah umpan datar dari Irfan Jaya gagal dimanfaatkan Osvaldo Haay. Bola tendangannya dengan sangat baik diselamatkan oleh Try Hamdani penjaga gawang PSS.

Saling serang kedua tim terus berlangsung. Menit ke-80 Persebaya melakukan dua pergantian sekaligus. Irfan Jaya dan Fandi Eko digantikan Misbakhus Solikin dan Alwi Slamat. Sementara Kushedya dari PSS masuk menggantikan Haris Tuharea.

Pemain Persebaya kesulitan menghadapi rapatnya pertahanan PSS yang dikomandoi oleh Purwaka Yudhi. Serangan balik dari Yevhen hampir menjadi gol ketiga bagi PSS menit ke 87. Bola tendangan kerasnya membentur mistar gawang Miswar. Menit 92 Miswar menyelamatkan bola dari Kushedya yang hampir mencetak gol.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan tuan rumah 2-1 atas Persebaya. Hasil kekalahan ini adalah yang kedua bagi Persebaya musim ini. Laga selanjutnya adalah bertandang ke Makassar menghadapi PSM pada hari Rabu (17/7). (bim)

Facebook Comments