Debut Manis David da Silva, Persebaya Tutup Putaran Pertama dengan Kemenangan

david da silva
Selebrasi David da Silva usai cetak gol ke gawang Bhayangkara FC. Foto: Persebaya.id
Iklan

EJ – Menjalani laga debut, David da Silva berhasil mencetak satu gol dan satu assist dalam laga melawan Bhayangkara FC (31/8/2019). Persebaya Surabaya membawa pulang tiga poin dari lawatan ke Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Setelah absen starter di tiga laga pelatih caretaker Bejo Sugiantoro akhirnya menurunkan Damian Lizio menggantikan Rendi Irwan. Bejo juga menempatkan Rachmat Irianto di posisi bek kiri menyiasati absennya Ruben Sanadi dan Novan Setya Sasongko.

Babak Pertama

Unggul di lini tengah, Persebaya mampu menguasai permainan di awal babak. Green Force selalu mampu meredam serangan Bhayangkara FC sejak dilini tengah.

Iklan

Namun, beberapa percobaan serangan yang dilakukan Persebaya hanya berakhir sampai kotak penalti. Jarang ada tendangan ke arah gawang yang dilepaskan David da Silva dkk.

Kalah penguasaan bola, Bhayangkara FC mencoba menciptakan peluang lewat tendangan jarak jauh. Dua pemain Lee Yuu-jun dan Dendy Sulistyawan beberapa kali membahayakan gawang Persebaya.

BACA:  Bhayangkara FC vs Persebaya: Menunggu Ketajaman David da Silva 

Tapi, Persebaya mampu unggul pada menit ke-31 lewat Oktafianus Fernando. David da Silva, yang bergerak di sayap kanan memberikan umpan mendatar ke arah Oktafianus di kotak penalti. Berhasil melewati Anderson Salles, Oktafianus mampu melepaskan tembakan terarah.

Setelah mencetak satu gol Persebaya mulai mengendurkan serangan. Bahkan, David sampai turun membantu pertahanan. Skor 1-0 bertahan hingga paruh babak.

Babak Kedua

Di babak kedua David da Silva semakin menunjukkan kontribusinya untuk Persebaya. Ia rajin turun membantu lini tengah, sesekali bergerak ke samping dan juga berusaha menciptakan peluang gol.

Satu peluang emas yang didapat David tercipta di menit ke-57. Berlari dari lini tengah, David menyambar umpan silang dari Osvaldo Haay. Namun, tendangan David masih melayang jauh diatas mistar.

BACA:  Eksperimen Bejo Jadikan Rian Bek Kiri Berbuah Hasil

Tertinggal satu gol, Bhayangkara FC beberapa kali berusaha agresif melakukan serangan. Tapi peluang yang didapat lebih banyak tidak menemui sasaran. Tercatat sampa menit ke-64, Bhayangkara FC mencetak 10 tendangan melenceng berbanding 3 dengan Persebaya.

Di menit 70 Rachmat Irianto terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh M. Syaifuddin. Ia harus mendapat perawatan setelah berbenturan dengan Andri Muliadi dan Ramiro Fergonzi.

Selang 9 menit Persebaya mampu mencetak gol kedua lewat David da Silva. Ia memaksimalkan bola muntah dengan tendangan keras di dalam kotak penalti. Skor 2-0 bertahan hingga akhir.

Dengan hasil itu Persebaya naik ke posisi 5 klasemen dengan 25 poin. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display