Miswar Saputra Jadi Raja Penyelamatan di Liga 1

Miswar Saputra. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Kiper utama Persebaya Surabaya, Miswar Saputra berhasil menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di liga 1 2019. Dari data yang diperoleh dari website resmi liga 1 https://liga-indonesia.id, Miswar tercatat berhasil melakukan 55 penyelamatan. Jumlah tersebut kemungkinan besar membuatnya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak sepanjang putaran pertama. Pesaing terdekatnya adalah Teja Paku Alam dari Semen Padang yang berhasil melakukan 51 penyelamatan.

Jumlah penyelamatan Miswar yang tinggi menjadi catatan positif buatnya. Angka tersebut menandakan bahwa ia merupakan kiper yang berkualitas. Seringkali penyelamatan yang dilakukan Miswar membuat Persebaya terhindar dari kekalahan. Penyelamatan-penyelamatan dari Miswar tersebut seringkali luput dari perhatian para suporter, apalagi ketika Persebaya gagal menang. Suporter seringkali menyalahkan Miswar sebagai biang kerok ketika Persebaya gagal menang. Meskipun, tidak jarang pula Miswar melakukan gerakan tidak perlu yang membahayakan gawangnya.

BACA:  Jangan Salahkan Miswar Saputra

Namun, dari jumlah tersebut juga menandakan bahwa pertahanan Persebaya mudah ditembus. Apalagi sepanjang musim ini, Miswar sudah kebobolan sebanyak 21 kali dari 16 penampilannya. Jika dibuat rasio, Miswar kebobolan 1,3 gol/laga. Artinya jika di rata-rata ia kebobolan di setiap pertandingan. Dari 16 pertandingan ia juga baru mencatat 3 kali clean sheets. Catatan tersebut harus menjadi bahan evaluasi yang serius bagi lini pertahanan Persebaya dan tim pelatih. (mni)

Iklan

No posts to display