Kalah Agresif, Persebaya Tahan Imbang Kalteng Putra

492
Gol Osvaldo. Foto: Persebaya.id

EJ – Meski unggul lebih dulu, Persebaya Surabaya harus puas dengan hasil imbang 1-1 kontra Kalteng Putra dalam laga pekan ke-18 Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya (13/9/2019).

Persebaya kembali diperkuat dua pemain pilar di lini belakang yaitu Hansamu Yama dan Ruben Sanadi. Sebelumnya kedua pemain itu absen di laga melawan Bhayangkara FC (31/8/2019) karena mendapat panggilan timas.

Sedangkan Kalteng Putra menurunkan satu pemain anyar yaitu gelandang Takuya Matsunaga sejak menit awal.

Babak Pertama

Kedua tim mencoba bermain terbuka di menit awal. Bedanya, Persebaya mengandalkan umpan-umpan pendek dari lini tengah, sedangkan Kalteng Putra lebih banyak melakukan serangan langsung ke depan.

Persebaya mampu unggul lebih dulu di menit ke-14. Umpan silang menyusur Oktafianus Fernando tidak dapat dijangkau oleh David da Silva. Tapi, Osvaldo Haay yang berdiri di ujung gawang dengan mudah mengarahkan bola ke dalam gawang.

Menit ke-21 Miswar Saputra melakukan penyelamatan. Ia mampu menepis tendangan placing mendatar Wasyiat Hasbullah di dalam kotak penalti.

Tujuh menit kemudian, Persebaya mendapat peluang emas. Umpan chip Rendi Irwan disambut oleh Osvaldo Haay. Melakukan akselerasi sampai kotak penalti, tendangan Valdo masih melambung jauh diatas mistar.

Namun, tak berselang lama di menit ke-29 Kalteng Putra justru mampu menyamakan kedudukan. Patrich Wanggai berhasil mengirimkan umpan terobosan ke sisi kanan kepada Diogo Campos. Tak ada penjagaan, Campos dengan mudah menceploskan bola ke gawang Miswar.

Persebaya kemudian kembali dikejutkan lewat gol sundulan bek Kalteng Putra, O.K. John pada menit ke-32. Beruntung hakim garis menyatakan mantan pemain Persebaya musim lalu itu offside terlebih dulu.

Di penghujung babak pertama Persebaya kembali mendapat ancaman. Winger Kalteng Putra, Ferinando Pahabol melepaskan tendangan keras yang masih membentur mistar atas.

BACA:  Mengapa Wolfgang Pikal Tidak Duduk di Bangku Cadangan?

Babak Kedua

Di babak kedua Kalteng Putra semakin agresif melakukan serangan. Bola-bola direct terus diberikan kepada trio lini depan Patrich Wanggai, Diogo Campos dan Feri Pahabol. Tapi, para pemain Persebaya juga cukup disiplin dalam mengantisipasi serangan.

Irfan Jaya, yang sebelumnya absen karena membela timnas Indonesia, dimasukkan pada menit ke-52 menggantikan Oktafianus Fernando. Irfan beroperasi di sayap kiri sedangkan Valdo di sisi kanan.

Masuknya Irfan membuat serangan Persebaya sedikit lebih tajam. Pemain asal Banteng itu sempat mengancam pada menit ke-68 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih membentur mistar gawang.

Di babak kedua Persebaya tampak kalah agresif dari tuan rumah. Jika di babak pertama Green Force unggul penguasaan bola hingga 52 persen, di babak kedua menurun menjadi 48 persen.

Namun, tak ada gol tambahan tercipta hingga akhir pertandingan. Skor 1-1 bertahan hingga akhir. Dengan hasil imbang itu, Persebaya untuk sementara berada di posisi 6 klasemen dengan 26 poin dari 18 laga. (riz)

Komentar Artikel