Rapor Pemain Persebaya vs Barito Putera: Miswar Solid, Da Silva Gagal Maksimalkan Peluang

Hansamu Yama usai laga lawan Barito Putera. Foto: Achmadino for EJ
Iklan

EJ – Dalam lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-21 pada Jumat (28/9) malam, Persebaya Surabaya harus menerima kekalahan dari tuan rumah Barito Putera dengan skor 1-0. Walaupun bermain menyerang dari awal laga, Bajol Ijo harus kembali ke Surabaya tanpa membawa poin. Gol yang dilesakkan oleh Rafael Silva pada menit ke-67 menjadikan satu-satunya gol pada laga yang dilaksanakan di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Rapor Pemain:

Miswar Saputra (7.0)
Miswar bermain cukup solid di bawah mistar gawang dari Persebaya Surabaya. Tercatat 2 kali kiper bernomor punggung 33 tersebut melakukan save krusial dengan menggunakan kaki. Walau akhirnya pada menit ke-67 gawang Miswar tetap bobol oleh sundulan Rafael Silva.

Hansamu Yama (6.5)
Melakukan clearance krusial di akhir babak pertama tidak membuat Green Force terhindar dari kekalahan. Positioning yang kurang bagus dari Hansamu Yama membuat Rafael Silva dengan leluasa menanduk bola umpan silang dari Rizky Pora.

Iklan

Otavio Dutra (6.3)
Terlambatnya Dutra dalam menutup pergerakan Rizky Pora ketika Ruben Sanadi terlambat turun mengakibatkan terjadinya gol dari Rafael Silva. Peran Otavio Dutra di lini belakang Persebaya terlihat sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya dengan beberapa kali mengirimkan through pass langsung ke lini depan Persebaya Surabaya.

Abu Rizal Maulana (6.5)
Sisi kanan penyerangan Bajul Ijo yang terus aktif dalam menyerang membuat bek kiri Barito Putera kerepotan. Bahkan pemain yang kerap disapa “Rodeg” tersebut berhasil mengirimkan umpan silang matang terhadap David da Silva. Tetapi masih belum bisa berbuah gol.

BACA:  Sering Menang Lawan Mantan, Djanur Akui Sudah Tahu Kelemahan Persebaya

Ruben Sanadi (6.2)
Mengawal sisi kiri pertahanan Persebaya membuat Ruben beberapa kali melakukan umpan silang ke pemain depan Persebaya. Ruben Sanadi juga melakukan direct pass ke David da Silva tetapi striker asal Brazil tersebut gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol. Kekosongan pada sisi kiri pertahanan Bajul Ijo membuat Rizky Pora leluasa mengirimkan umpan silang. Ruben juga menerima kartu kuning pada laga tersebut.

M Hidayat (6.4)
Hidayat mempunyai peluang yang berpeluang menjadi gol, tetapi sepakan yang dilakukan pemain asal Bontang tersebut melambung diatas mistar gawang M. Riyandi. Bermain secara bergantian dengan Aryn Williams sebagai DMF membuat lini tengah Persebaya menjadi kuat. Tetapi sayang gagal membendung serangan dari sisi kanan Barito Putera yang berhasil mengirimkan umpan silang dan berbuah gol.

Aryn Williams (6.7)
Selalu membantu pertahanan ketika diserang dan tidak lupa membantu lini serang ketika menyerang membuat pemain asal Australia ini bermain cukup dominan pada laga tersebut. Beberapa kali Aryn juga melakukan through pass ke David maupun Diogo.

Diogo Campos (6.5)
Tetap memainkan pola highpressing di lini belakang Barito Putera seperti laga – laga sebelumnya. Duet Diogo dan David hampir menjadikan gol andai kaki Diogo berhasil menggapai bola dari David da Silva. Diogo Campos juga mendapatkan kartu kuning pada laga tersebut

BACA:  Tanpa Osvaldo, Inilah 18 Pemain Persebaya yang Diboyong ke Martapura

Irfan Jaya (6.5)
Kecerdikan Irfan Jaya dalam memberikan umpan terobosan ke David da Silva hampir membuat Persebaya unggul terlebih dulu andai Diogo lebih cepat dalam menggapai bola umpan dari David da Silva. Irfan Jaya harus digantikan oleh Rendi Irwan di babak kedua digantikan Rendi Irwan karena cedera.

Oktafianus Fernando (6.3)
Oktafianus terlihat merepotkan bek kiri Barito Putera, Rony. Oktafianus juga memiliki peluang emas di dalam kotak pinalti andai tendangan kakak Marselino Ferdinan tidak melebar di sisi kanan gawang M. Riyandi

David da Silva (6.6)
Terlihat berkali-kali merepotkan pertahanan Barito Putera yang digalang oleh Cassio dkk. Kurang baiknya penyelesaian akhir membuat Persebaya gagal mencuri poin di kandang Barito Putera.

Pemain Pengganti:

Rendi Irwan (6.0)
Masuknya Rendi Irwan menggantikan Irfan Jaya yang cedera tidak berpengaruh signifikan terhadap permainan Bajul Ijo. Dengan masuknya Rendi membuat Campos harus bergeser ke winger sebelah kiri.

Misbakus Solikin (6.0)
Begitu pula dengan Misbakus, masuknya pemain yang seharusnya melakukan prosesi wisuda pada hari ini tidak berdampak signifikan terhadap permainan Bajul Ijo. Tim pelatih bermaksud bermain lebih menyerang dengan memasukkan Misbakus (gelandang) menggantikan Abu Rizal (bek). (mth)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display