Alasan Pikal Mainkan Misbakus Solikin Sebagai Gelandang Serang

148
Foto: Joko Kristiono/EJ
Shares

EJ – Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal memilih menurunkan Misbakus Solikin sebagai pengganti Diogo Campos dalam laga melawan Borneo FC (11/10/2019). Alasannya, karena Mis pernah bermain di posisi tersebut ketika Persebaya berlaga di Liga 2 2018.

Diogo Campos harus absen lawan Borneo FC karena hukuman akumulasi kartu. Tiga opsi pengganti yang bisa dipilih adalah Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin dan Rendi Irwan. Dari ketiga nama tersebut, Pikal akhirnya memilih Mis sebagai starter.

“Pertimbangan saya untuk Solikin, dia dulu juga main sebagai gelandang nomor 8 agak ke depan sedikit waktu masih di Liga 2. Dan bikin lumayan banyak gol,” ungkap Pikal. “Dan sekarang ada beberapa pemain kami tidak bisa diturunkan termasuk Diego, satu pilihannya kasih kesempatan ke Solikin,” tambahnya.

Saat bermain di Liga 2 tahun 2017 lalu Misbakus memang menjadi top skorer Persebaya dengan torehan 12 gol. Saat itu ia lebih banyak dimainkan sebagai gelandang serang.

Tapi, harapan Pikal untuk melihat Mis kembali mencetak gol itu tak kesampaian. Alih-alih mencetak gol, Mis kerap kali kesulitan untuk menembus lini pertahanan Borneo FC. Pelatih 51 tahun itu akhirnya mengganti Mis dengan Rendi Irwan pada menit ke-66.

“Babak pertama Borneo bertahan sangat compact, ruangan tidak terlalu besar, susah untuk dia dapat ruangan kosong untuk masuk-masuk,” ucap Pikal.

Persebaya sendiri akhirnya harus meraih hasil imbang 0-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Itu merupakan hasil imbang ke-8 dari 11 pertandingan kandang di Liga 1 musim ini. (riz)

Facebook Comments
BACA:  Borneo FC Bertekad Kalahkan Persebaya