Lawan Persib, Osvaldo Masih Absen, Irfan Jaya Akumulasi

205
Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Kendala absennya pemain masih menghantui Persebaya. Setelah Diogo Campos, kini giliran Irfan Jaya yang harus absen melawan Persib Bandung karena hukuman akumulasi kartu. Itu masih ditambah Osvaldo Haay yang masih menjalani pemulihan cedera lutut.

Sebelumnya Campos harus absen saat Persebaya bertanding melawan Borneo FC, Jumat (11/10/2019). Dalam laga itu Valdo juga harus absen karena cedera saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas U-23.

“Irfan Jaya akumulasi. Osvaldo lagi terapi di Jakarta,” kata Pikal. “Kelihatannya (Valdo) belum sembuh, karena cederanya tidak ringan, butuh waktu. Mudah-mudahan sebelum lawan Persela sudah bisa tampil,” tambahnya.

Praktis dalam laga melawan Persib, Jumat (18/10/2019) mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Persebaya pasti tidak akan diperkuat Irfan Jaya dan Osvaldo Haay.

Tanpa kedua pemain itu, Pikal tampaknya akan sedikit mengubah skema tim. Pelatih 51 tahun itu akan mencoba beberapa pilihan strategi dalam latihan Selasa (15/10/2019).

“Hari ini latihan strategi sedikit dengan variasi possession in position (penguasaan bola di posisi masing-masing). Rencananya besok (Selasa) simulasi lapangan besar. Mungkin dua formasi akan kami coba,” kata Pikal.

“(Absennya Osvaldo dan Irfan) kami antisipasi dengan strategi khusus untuk pertandingan selanjutnya. Saya sudah punya gambaran, tapi saya tidak mau kasih rahasia ke publik,” tambahnya.

Selain Irfan dan Osvaldo, Pikal berharap bisa memainkan dua pemain Persebaya yang dipanggil timnas senior, Hansamu Yama dan Otavio Dutra. Keduanya dipanggil timnas senior untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Vietnam, Selasa esok.

“Rencananya Hansamu dan Dutra gabung. Mudah-mudahan keduanya tidak cedera, mudah-mudahan fit, mudah-mudahan bisa turun. Tapi belum pasti,” ungkap Pikal. (riz)