Bejo Izin Kursus AFC A, Uston Nawawi Dampingi Pikal di Sesi Latihan

Wolfgang Pikal dan Uston Nawawi. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Selama dua minggu kedepan pelatih Persebaya U-20, Uston Nawawi bakal mendampingi pelatih kepala Persebaya, Wolfgang Pikal di sesi latihan tim senior. Itu karena Bejo Sugiantoro, asisten pelatih Persebaya masih menjalani kursus lisensi A AFC.

Menurut jadwal Bejo bakal menjalani kursus mulai tanggal 21 sampai 2 November mendatang di Universitas Negeri Yogyakarta. Selama itu pula Uston bakal mendampingi Pikal.

“Saya undang Uston karena Bejo lagi ikut kursus. Saya lihat dia punya potensial dan saya perlu bantuannya karena agak keberatan latihan semuanya sendiri,” kata Pikal. “Dia juga dapat kehormatan, dia bisa belajar, dan dia senang bisa gabung sama kami dua minggu,” tambah pelatih 51 tahun itu.

Dalam latihan perdana Senin (21/10/2019) sore tak banyak materi latihan yang diberikan Pikal dan Uston. Seluruh pemain masih fokus menjalani latihan recovery paska menjalani laga tandang melawan Persib Bandung di Bali, Jumat (18/10/2019) lalu.

Iklan
BACA:  Hidayat Tak Ingin Persebaya Kecolongan Lagi di Kandang

Uston sendiri ingin menggunakan kesempatan melatih di tim senior sebaik-baiknya. Apalagi selama ini pelatih asal Klagen, Sidoarjo itu belum pernah melatih tim di Liga 1.

“Saya bersyukur karena bisa bergabung dengan tim senior. Memang tugas saya untuk mengisi sementara karena coach Bejo menjalani kursus lisensi A AFC,” kata Uston.

“Jadi ini kesempatan saya untuk belajar bagaimana melatih di senior. Karena tentunya beda melatih di kelompok usia sama senior, di senior pasti lebih kompleks,” tambah mantan pelatih PSIR Rembang itu.

Baru satu hari bergabung, Uston mencoba menyerap beberapa hal dari metode kepelatihan Pikal. Salah satunya untuk lebih detail mempersiapkan pertandingan.

BACA:  Saling Sharing di Tengah Lapangan, Cara Persebaya Hadapi Situasi Terpuruk

“Mungkin bagaimana mempersiapkan tim untuk pertandingan, bisa lebih detail. Karena coach Pikal sudah A Pro. Waktu kursus A Pro kan hampir satu tahun, pasti disitu detail-detailnya cukup banyak, mudah-mudahan bisa diterapkan,” harapnya.

“Mudah-mudahan pemain juga bisa menerima. Karena hubungan antar manajemen, pemain dan pelatih paling utama. Kekompakan dan kebersamaan yang paling penting dalam sepakbola,” tambah pelatih 42 tahun itu.

Meski bertugas menggantikan Bejo, Uston nantinya tidak akan mendampingi Persebaya di bangku cadangan saat pertandingan. Sebab, ia tidak termasuk kedalam nama-nama ofisial yang didaftarkan Persebaya untuk tim senior.

“Tidak ada masalah saya bisa di bench atau tidak, yang penting Persebaya menang,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display