Rapor Merah Pemain Persebaya vs Persela: Hujan Kartu Kuning, Green Force Kalah (Lagi)

Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Persebaya Surabaya lagi-lagi gagal meraih poin dalam laga away lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-24. Setelah kalah 4-1 ketika menghadapi Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Anak asuh Wolfgang Pikal harus menerima kekalahan 1-0 dari tuan rumah Laskar Joko Tingkir ketika berlaga di Stadion Surajaya Lamongan pada Rabu sore (23/10). Gol tunggal dicetak oleh Malik Risaldi pada menit ke-63 setelah memanfaatkan bola rebound sundulan Alex Goncalves cukup membuat Persela Lamongan meraup 3 poin pada laga menghadapi Persebaya.

Miswar Syahputra (3.8)
Bermain konsisten di bawah mistar gawang Persebaya, membuat Miswar tak dapat menghindarkan Persebaya dari kekalahan. Miswar mampu menghadang serangan Persela pada babak pertama dengan menghalau bola menggunakan kakinya. Dua kali kiper asal aceh melakukan save sundulan dari Alex, tapi sayang save yang kedua harus berbuah gol ketika Malik Risaldi menyambar bola rebound dari sundulan Alex.

Hansamu Yama (3.0)
Selalu mendapatkan menit bermain yang cukup dari Persebaya tak mampu dimanfaatkan Hansamu untuk bermain konsisten. Kesalahan pengambilan keputusan untuk tidak membuang bola ketika bola rebound sundulan Alex membuahkan gol yang dicetak Malik Risaldi. Pada laga tersebut pemain asal Mojokerto tersebut juga menerima kartu kuning.

M. Syaifuddin (3.0)
Duetnya bersama Hansamu Yama berkali-kali mampu ditembus oleh lini serang dari Persela. Alex sangat leluasa untuk memanfaatkan ruang kosong yang ada di jantung pertahanan Persebaya. Syaifuddin harus mengakhiri laga lebih cepat karena cedera dan harus dibawa ambulans sebelum laga berakhir.

Iklan

Abu Rizal (3.0)
Abu Rizal harus berduel dengan Rafinha yang berposisi di winger kiri dari Persela Lamongan. Abu Rizal terlihat kewalahan mengawal sisi kanan lini pertahanan Bajul Ijo. Gol dari Persela tercipta dari umpan silang dari sisi pertahanan Abu Rizal. Abu Rizal juga harus menerima kartu kuning dari pengadil lapangan pada babak pertama.

BACA:  Amido Balde Akhiri Paceklik Gol, Djanur Masih Belum Puas

Ruben Sanadi (3.8)
Setelah absen pada laga sebelumnya karena demam. Ruben kembali menjadi starting line-up pada laga melawan Persela. Ruben mampu membuang bola ketika laga baru berjalan 10 detik ketika pemain Persela menusuk dari sisi kanan pertahanan Bajul Ijo. Ruben juga melakukan direct pass yang matang kepada David da Silva. Tetapi sayang tendangan David da Silva masih mampu di block oleh kepala Arif Satria.

M. Hidayat (3.3)
Banyaknya foul yang terjadi pada pertandingan mengakibatkan banyaknya pemain Persebaya yang terkena kartu kuning. Tak terkecuali gelandang pemotong rumput, M. Hidayat. Berduet dengan Aryn di lini tengah membuat mereka harus menjadi pintu pertama untuk menghentikan bola sebelum bola sampai di pertahanan Persebaya. Hidayat juga sesekali membantu penyerangan, tapi tidak membuahkan hasil.

Aryn Williams (3.3)
Tidak jauh beda dengan koleganya di lini tengah, M. Hidayat. Aryn juga terlibat dalam duel-duel yang sering terjadi di lini tengah yang mengakibatkan Aryn juga harus menerima yellow card dari pengadil lapangan. Aryn beberapa kali terlihat mampu mengintersep serangan Persela. Tidak hanya bertahan, pemain berpaspor Australia tersebut juga mengirimkan umpan-umpan ke lini serang Bajul Ijo.

Rendi Irwan (3.5)
Rendi Irwan menjadi starter karena menggantikan Diogo Campos yang absen karena kartu merah yang di dapat pada laga sebelumnya. Rendi mampu mengirimkan umpan silang yang sangat matang kepada David da Silva, tapi sundulan David yang mengarah ke gawang mampu dihalau oleh Dwi Kuswanto. Rendi harus ditarik keluar pada babak kedua karena cedera dan digantikan oleh Fandi Eko Utomo.

BACA:  Djanur Lega Persebaya Raih Kemenangan Perdana di Kandang

Irfan Jaya (3.0)
Irfan Jaya gagal menunjukkan tajinya pada laga kali ini, berkali-kali bola didapatkannya tapi selalu gagal menembus pertahanan Persela. Alhasil pada babak kedua Irja harus digantikan oleh Elisa Basna.

Oktafianus Fernando (3.0)
Ofan kembali dipercaya mengisi starting line-up oleh Coach Wolfgang Pikal. Tetapi Ofan belum mampu menunjukkan performa yang bagus pada laga tersebut. Terlihat berkali-kali Oktafianus kalah berlari dengan bek dari Persela ketika mendapatkan through pass dari lini tengah maupun bertahan Persebaya.

David da Silva (3.8)
David da Silva harus meneruskan paceklik golnya ketika menghadapi Persela Lamongan. David mendapatkan peluang emas ketika menerima umpan silang dari Rendi Irwan, tapi sayang sundulannya berhasil dihalau oleh Dwi Kuswanto. Tidak hanya itu, umpan jauh dari Ruben Sanadi mampu dikejar David dan mampu melewati Dwi, tapi tendangannya masih bisa di halau oleh Arif Satria.

Fandi Eko (3.0)
Masuknya Fandi Eko pada babak kedua dengan menggantikan Rendi Irwan, tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap permainan dari Green Force. Tipikal bermain Fandi yang hampir mirip dengan Rendi mampu diantisipasi oleh lini belakang dari Laskar Joko Tingkir.

Alwi Slamat (3.0)
Menggantikan Oktafianus, Alwi Slamat tidak mampu berbuat untuk membuat permainan Persebaya menjadi lebih baik. Pemain yang sebelumnya bermain untuk PSMS Medan ini menempati pos winger kanan dan minim peluang yang didapatkan oleh Persebaya dari sisi tersebut.

Elisa Basna (3.5)
Permainan Bajul Ijo cenderung bermain dengan tempo yang lebih cepat ketika adik dari Yanto Basna ini masuk ke dalam lapangan menggantikan Irfan Jaya. Agresivitas dan determinasinya baik dalam membawa ataupun tanpa bola sedikit merepotkan pertahanan Persela pada menit akhir. (mth)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display