Dua Pemain Asing PSS Absen, Pikal dan Seto Setuju Persebaya Diuntungkan

Wolfgang Pikal dan Seto Nurdiantoro. Foto: Joko Kristiono/EJ
Iklan

EJ – Dua pemain asing PSS Sleman, bek Alfonso de la Cruz dan gelandang Brian Ferreira dipastikan absen saat bertanding melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (29/10/2019). Absennya kedua pemain itu dianggap menguntungkan Persebaya.

Alfonso tidak bisa tampil karena mendapat cedera pangkal paha saat berjumpa Persija Jakarta (24/10/2019). Sedangkan Brian terpaksa tidak dibawa ke Surabaya karena sakit. Sebelum keberangkatan, pemain asal Argentina itu mendadak muntah-muntah.

Ada dua pemain asing PSS yang absen, pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal menganggap timnya cukup diuntungkan. “Saya pikir itu sedikit keuntungan buat kami, soalnya dua pemain ini berkualitas,” kata Pikal saat sesi konferensi pers, Senin (28/10/2019).

“Tapi Sleman punya 30 pemain di skuadnya dan kami tahu ada banyak pemain berkualitas. Jadi kami untung tapi cuma sedikit,” tambahnya.

Iklan
BACA:  Kapal Persebaya Oleng, Kapten!

Dari kedua nama itu, Brian Ferreira bisa dikatakan paling banyak mencuri perhatian. Sebagai gelandang, ia tak hanya piawai memberikan assist tetapi juga mencetak gol.

Terbukti, Brian, untuk sementara, menjadi top assist PSS dengan torehan 5 assist. Selain itu ia juga mampu mencetak 9 gol, nomor dua di PSS dibawah striker utama Yevhen Bokhashvili (12 gol).

Saat putaran pertama lalu, Brian juga menjadi salah satu aktor kemenangan 2-1 PSS atas Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman (13/7/2019). Umpan silang tajamnya mengarah tepat ke kaki Yevhen sebelum diteruskan dengan mudah ke gawang Miswar Saputra.

Harus kehilangan pemain kunci, pelatih PSS, Seto Nurdiantoro sepakat jika Persebaya diuntungkan. Namun, pelatih 45 tahun itu menegaskan jika PSS tidak akan bergantung pada satu pemain.

BACA:  Soal Warning Presiden, Miswar: Kami Profesional, Kami Ingin Buktikan

“Saya pikir Persebaya sangat diuntungkan sekali. Tapi kami sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu. Jadi kami tidak akan terpaku dengan satu dua orang pemain. Kami akan mencoba bermain secara kolektif,” kata Seto.

“Dan itu sudah ditunjukkan dalam beberapa pertandingan, tanpa mereka pun kami tetap bermain seperti karakter yang kami punya,” tambahnya.

Empat kali musim ini harus tampil tanpa Brian Ferreira, PSS memang masih bisa meraih dua kali kemenangan. Sedangkan Alfonso malah sudah 9 kali absen membela PSS. Dalam 9 laga tanpa Alfonsi PSS meraih 3 kali kemenangan, 2 kali imbang dan 4 kalah. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display