Soal Jadwal Persebaya vs PSM, LIB Masih Menunggu Putusan Komdis

Azrul Ananda menonton latihan Persebaya, Jumat (1/11). Foto: Rizka Perdana Putra/EJ
Iklan

EJ – Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 masih akan menunggu putusan Komite Disiplin (Komdis) PSSI sebelum menentukan jadwal baru laga Persebaya Surabaya melawan PSM Makassar.

Hal itu diungkapkan Manajer Media dan Humas LIB, Hanif Marjuni kepada EJ. LIB belum akan bergerak sebelum ada tindak lanjut dari Komdis. “LIB akan menunggu putusan dari Komdis,” kata Hanif.

Sikap itu sesuai dengan poin kedua surat PSSI nomor 4699/UDN/1145/X-2019 yang ditujukan kepada LIB. Adapun dua poin dalam surat tersebut yaitu:

1. PT Liga Indonesia Baru mempunyai kewenangan sepenuhnya untuk menyusun jadwal dan menetapkan status pertandingan Shopee Liga 1 2019

Iklan

2. Jika kemudian ada hal-hal terkait pelanggaran kode disiplin, regulasi, atau instruksi yang telah dikeluarkan. Maka PSSI, dalam hal ini Komite Disiplin PSSI akan memutuskan berdasarkan hasil laporan PT Liga Indonesia Baru serta Match Commissioner yang bertugas.”

“Poin kedua yang lebih diperhatikan. Kami menunggu laporan komprehensif dari match commissioner (pengawas pertandingan) kemudian menunggu tindak lanjut dari Komdis nantinya,” ungkap Hanif.

BACA:  Hadapi Persebaya, Zulham Zamrun Absen

“Kemarin (Jumat,red) pengawas pertandingan sudah mempelajarinya, tinggal putusan Komdis,” tambahnya.

Persebaya sendiri terancam sanksi kalah walkover (WO) dari Komdis. Sebab, menurut kesepakatan emergency manager meeting Oktober 2019 lalu, semua tim tidak boleh melakukan penundaan sampai Liga 1 2019 berakhir. Sidang Komdis kemungkinan baru terselenggara pekan depan.

Terancam WO, Persebaya Serba Dilematis

Sesuai aturan, tim tuan rumah harus melaporkan lokasi paling lambat H-4 laga. Sedangkan Persebaya baru melaporkan Stadion Batakan, Balikpapan pada H-3 Rabu (30/10/2019).

Tapi, Persebaya dalam kondisi serba sulit. Saat H-4 laga melawan PSM, yaitu Selasa (29/10/2019) bertepatan dengan laga Persebaya melawan PSS.

BACA:  Brace Da Silva, Green Force Akhiri Puasa Kemenangan Secara Dramatis

Praktis, Persebaya baru bisa memastikan stadion saat H-3 pertandingan yaitu Rabu (30/10/2019). Beruntung, setelah mendapat penolakan di tujuh stadion dengan alasan yang berbeda-beda, Persebaya akhirnya mendapat izin bermain di Stadion Batakan pada Rabu malam.

LIB sempat merespon positif pemindahan laga ke Stadion Batakan. Itu dengan syarat Persebaya harus menanggung seluruh biaya pelaksanaan termasuk biaya tim tamu yakni PSM.

Sayang, pada Kamis (31/10/2019) sore LIB akhirnya mengembalikan status pertandingan kepada PSSI. Itu setelah LIB menerima Surat Keberatan dari PSM. Kini, LIB masih menunggu putusan dari Komdis PSSI sebelum menentukan jadwal baru Persebaya melawan PSM. (riz)

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display