Bicara Empat Mata, Apa Yang Disampaikan Aji Kepada Aryn Williams?

217
Aryn Williams dan Aji Santoso. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso tampak berdiskusi kecil dengan Aryn Williams sebelum dan sesudah latihan rutin Senin (4/11/2019) sore di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Aji secara khusus meminta Aryn untuk memahami karakter bermain Persebaya yang diinginkan.

Sebelum latihan dimulai Aji tampak mendatangi Aryn. Secara lebih detail, Aji menunjukkan beberapa instruksi agar pemain asal Australia itu bisa lebih cepat memahami karakter bermain Persebaya.

“Selain secara tim saya juga selalu berbicara secara individu dan memberi pemahaman kepada pemain. Karena sehebat apapun pemain pasti ada sisi yang tidak terlihat oleh pemain itu sendiri,” kata Aji.

“Jadi penilaian itu yang saya sampaikan, supaya dia benar-benar memahami karakter yang saya inginkan,” tambahnya.

Aji sendiri dalam beberapa kali kesempatan menyebut ingin memainkan sepakbola yang mengandalkan umpan pendek dengan aliran cepat. Menurutnya, itu sesuai dengan karakter Persebaya yang sudah bertahan puluhan tahun.

Instruksi Aji itupun disambut antusias oleh Aryn. Bahkan, seusai latihan berakhir giliran Aryn yang mendatangi Aji secara langsung. Tampak pemain 26 tahun berdiskusi cukup serius dengan kapten Persebaya ketika juara Liga Indonesia 1997 itu.

“Aryn sosok pemain yang kerja keras dan komunikatif yang mau fight. Sesuai dengan ciri khas Persebaya secara mental yaitu ngosek, ngotot, ngeyel, agresif. Persebaya dari dulu pun bermain seperti itu, ini yang selalu saya tanamkan kepada pemain,” ucap Aji.

Meski mendapat perkembangan cukup positif di latihan, tapi efektivitas pendekatan personal itu baru akan teruji saat menjalani laga sesungguhnya. Terdekat, Aji bakal menjalani debut sebagai pelatih Persebaya saat bertandang ke markas Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (9/11/2019) mendatang. (riz)

BACA:  Resmi Jadi Pemain Persebaya, Aryn Williams Bisa Dimainkan Lawan PSIS

Komentar Artikel