Masih Pemulihan Cedera, Aji Santoso Tak Mau Paksakan Irfan Jaya

131
Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Winger Persebaya Surabaya Irfan Jaya kemungkinan besar bakal absen dalam laga kontra Tira Persikabo, Sabtu (9/11/2019) mendatang. Meski menunjukkan perkembangan, pelatih Persebaya, Aji Santoso tak mau memaksakan kondisi pemain asal Bantaeng, Sulawesi Selatan itu.

Irfan sendiri sampai Selasa (5/11/2019) masih menjalani latihan di pinggir lapangan bersama tim fisioterapis. Pemain 23 tahun itu masih menjalani pemulihan cedera engkel kiri.

“Irfan Jaya sudah cukup membaik. Cuma dia saya beri kebebasan, kalau feeling-nya dia sudah bagus baru bisa gabung dengan tim,” kata Aji.

“Dia bilang sudah mendingan. Tetapi saya tidak mau memaksa karena saya takut. Ketika cederanya belum 100 persen kemudian saya paksa dia tentu tidak akan bermain maksimal. Cederanya juga bisa lebih panjang lagi dan kami akan kehilangan dalam waktu lebih lama lagi,” tambahnya.

Aji memang patut khawatir dengan kondisi cedera Irfan Jaya. Setelah mengalami cedera pertama kali saat laga melawan PSIS Semarang (20/9/2019), hingga kini Irfan Jaya tak kunjung siap 100 persen.

Mantan pemain PSM Makassar U-21 itu bahkan sempat dipaksakan tampil saat laga melawan Barito Putera (28/9/2019). Hasilnya, Irfan harus ditarik keluar pada menit ke-74 karena mengalami cedera yang sama.

Sempat dimainkan lawan Borneo FC (11/10/2019) dan Persela Lamongan (23/10/2019), cedera Irfan Jaya kembali kambuh saat Persebaya berhadapan dengan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (29/10/2019).

Irfan harus ditarik keluar lebih dini di menit ke-38 dan digantikan oleh Osvaldo Haay. Persebaya saat itu harus menerima kekalahan 2-3 atas PSS.

Dengan segala riwayat cedera itu, Irfan Jaya kemungkinan besar tidak akan dibawa dalam lawatan ke kandang Tira Persikabo. Persebaya akan berangkat dari Surabaya hari Kamis (7/11/2019) dan akan menghadapi  Tira Persikabo, Sabtu di Stadion Pakansari, Bogor.

BACA:  Hansamu Masih Absen, Ruben Berpeluang Main

“Daripada berlarut-larut, mending saya kehilangan satu pertandingan, tapi sisa pertandingan dia bisa main,” harap Aji.

Berharap Dutra Kembali Pulih

Sementara itu bek Otavio Dutra sudah menjalani latihan normal pasa Selasa (5/11/2019). Sebelumnya Dutra harus menjalani latihan terpisah di pinggir lapangan karena menjalani pemulihan cedera betis.

Tapi, Aji belum bisa memastikan apakah Dutra bakal dimainkan dalam laga melawan Tira Persikabo. Persebaya masih memiliki satu kali latihan Rabu (6/11/2019) esok untuk melihat secara keseluruhan kondisi pemain.

“Ya mudah-mudahan saja (bisa main). Tadi kondisi dia belum seratus persen karena sudah beberapa hari tidak latihan. Mudah-mudahan sampai tanggal 9 nanti kondisinya semakin baik,” harap pelatih asal Malang itu. (riz)

Komentar Artikel