Jalani Hukuman, Aji Santoso Minta Bonek di Luar Stadion Tetap Taat Aturan

133
Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Persebaya Surabaya mulai menjalani hukuman sanksi tanpa penonton saat bertandang ke markas Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (9/11/2019) esok. Pelatih Persebaya, Aji Santoso meminta Bonek di luar stadion tetap mendukung dengan tertib.

Persebaya mendapat sanksi tanpa penonton baik dalam laga kandang maupun tandang hingga akhir musim 2019. Itu sebagai buntut aksi suporter yang turun ke lapangan saat pertandingan melawan PSS Sleman (29/10/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Nah, meski mendapat hukuman, Aji menilai Bonek masih bisa memberikan dukungan dari luar stadion. Tapi, kapten Persebaya ketika juara Liga Indonesia 1997 itu meminta Bonek yang datang tetap tertib di area luar stadion.

“Yang dilarang untuk hadir itu di dalam stadion, kalau di luar stadion menurut saya oke tidak apa-apa sepertinya,” kata Aji.

“Tapi saya berharap teman-teman Bonek yang hadir disini (Bogor) mendukunglah di luar dengan tertib, karena ini sangat penting, jangan sampai merugikan yang lain. Mudah-mudahan Bonek juga support kami dengan cara-cara yang elegan,” tambahnya.

Tetap Maksimal Meski Tanpa Bonek di Stadion

Harus menjalani hukuman bertanding tanpa suporter setia, Aji tetap optimis. Ia percaya dukungan sekecil apapun dari Bonek sudah bisa mengangkat mental pemain. Termasuk, mendengar sayup-sayup dukungan dari luar stadion.

“Kehadiran suporter sangat penting sekali. Tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin. Kami akan tetap fight walaupun tidak mendapat dukungan langsung dari Bonek. Dan saya yakin di luar sana Bonek masih tetap mendukung kami,” kata Aji.

Namun, lebih lanjut Aji berharap kepada semua yang terlibat di Persebaya agar menjadikan hukuman sebagai sebuah pelajaran. Persebaya selanjutnya tidak boleh mendapat sanksi karena kesalahan yang sama.

BACA:  Tingkatkan Finishing, Persebaya Belum Berpikir Tambah Pemain Baru

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran bagus untuk pecinta sepakbola di Surabaya supaya kedepan lebih baik. Jangan sampai hukuman ini terulang, karena jujur kehadiran Bonek sangat kami butuhkan,” kata Aji.

“Karena aturan dan larangan (sekarang) Bonek tidak bisa hadir. (Tapi) kami tetap fight untuk memberikan yang terbaik,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel