Ratusan Bonek Ikut Kerja Bakti Percantik GBT

112
Bonek mengecat ulang patung Suro Boyo di depan GBT. Foto: Iwan Iwe/EJ

EJ – Ratusan Bonek tampak memadati Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (8/11/2019) pagi. Sekitar tiga jam lamanya Bonek mengadakan kerja bakti bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam acara yang dimulai pukul 6 pagi itu hadir juga Presiden Persebaya, Azrul Ananda dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi. Azrul bersama Bonek tampak ikut melakukan pengecatan di sisi luar stadion. Selain itu ada juga kegiatan bersih-bersih dan menanam pepohonan di area GBT.

“Ini tadi bersih-bersih dan penghijauan di rumah kami GBT. Kebersihan habis kebakaran dibersihkan semua,” kata Fitrul, Bonek Tribun Kidul.

Ya, acara kerja bakti itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Bonek paska aksi kerusuhan saat laga melawan PSS Sleman pekan lalu (29/10/2019). Tidak hanya untuk Persebaya, GBT juga disiapkan untuk venue Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

“Ini sinergi semua pihak antara pemkot masyarakat dan teman teman Bonek untuk menjaga rumah ini lebih baik, lebih bersih dan lebih tertata untuk menghadapi World Cup U-20,” kata Husain Ghozali, Koordinator Bonek Tribun Utara (Green Nord).

Tidak Hanya Sekali

Menurut Cak Cong -sapaan akrab Husain Ghozali- kerja bakti mempercantik GBT tidak hanya dilakukan sekali saja. Selanjutnya Bonek masih akan mengadakan aksi yang sama di GBT.

“Ke depan bukan hanya sekali ini saja. Ada sinergitas dari semua pihak untuk menjaga rumah ini,” kata Cak Cong.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Tribun Kidul, Sinyo Devara. Tidak hanya di area dalam dan luar kompleks GBT, selanjutnya aksi kerja bakti itu juga menyentuh sekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

BACA:  Masalah-Masalah Yang ada di Stadion GBT Sebagai Kandang Persebaya

“Kami hari ini (Jumat) dari pagi ikut membersihkan, ikut ngecat berem di GBT dan ke depannya kami akan menanam pohon di sekitar tempat pembuangan akhir,” ungkap Sinyo.

“Kemarin kami sempat komunikasi dengan Pemkot Surabaya bahwa Bonek akan dilibatkan untuk GBT  Supaya GBT lebih baik dan semakin cantik kedepannya menyambut Piala Dunia,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel