Imbang Rasa Menang, Persebaya Curi Poin di Kandang Tira Persikabo

81
Selebrasi gol Rendi Irwan. Foto: EJ

EJ – Setelah mengalami tiga kekalahan beruntun, Persebaya akhirnya memperoleh poin. Di laga debut pelatih baru Aji Santoso, Ruben Sanadi dkk berhasil menahan imbang tuan rumah Tira Persikabo dengan skor 2-2. Bermain di Stadion Pakansari, Sabtu (9/10), Persebaya masih belum mampu petik tiga poin dalam tujuh laga terakhirnya di Liga 1.

Persebaya menampilkan starting line-up tanpa beberapa pilar seperti Miswar Saputra dan Irfan Jaya yang masih cedera. David Da Silva dan Dutra  dibangku cadangkan. Persebaya menampilkan permainan atraktif di laga debut sang pelatih, namun harus puas dengan hasil imbang karena lengah dalam beberapa situasi.

Babak Pertama

Pertandingan belum genap satu menit, Green Force tersentak dengan gol cepat tuan rumah hasil kreasi Osas Saha. Bermula dari situasi set piece di area kiri pertahanan Persebaya, Wawan Febriyanto mampu mengirim umpan menuju Osas yang kemudian menyundul bola ke arah gawang. Bola tak mampu dibendung Imam Arief yang sudah out of position. 1-0 untuk Tira Persikabo

Pasca gol cepat kubu tuan rumah, Persebaya belum bisa keluar dari tekanan di lima menit pertama pertandingan. Perlahan-lahan Bajol Ijo mampu keluar dari tekanan dan mulai keluar menyerang dari berbagai sisi

Serangan dari berbagai sisi dilancarkan Skuat Bajol Ijo mampu merepotkan barisan pertahanan Tira Persikabo. Walaupun Skuat Green Force lebih dominan menyerang dari sisi kanan. Diogo Campos terlihat bergerak bebas dan rajin menjemput bola dari berbagai sisi, walaupun diplot sebagai penyerang tengah menggantikan Da Silva.

Persebaya mampu memecah kebuntuan setelah beberapa kali memiliki peluang berbahaya. Rendi Irwan mampu menceploskan bola liar hasil sepakan Oktafianus Fernando yang tak sempurna. Berada di depan gawang tanpa kawalan, Rendi dengan tenang mendorong bola ke gawang. Skor menjadi 1-1.

Persebaya mendominasi penguasaan bola di sepanjang babak pertama, praktis Tira Persikabo hanya memiliki sedikit peluang yang membahayakan gawang Persebaya. Umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki kembali terlihat dalam jalannya babak pertama, possesion game juga terlihat mampu disajikan Ruben Sanadi dkk dengan bagus.

Babak Kedua

Penguasaan bola masih dipegang Persebaya di awal-awal babak kedua bergulir. Skema bola dari kaki ke kaki masih dominan diperagakan anak asuhan Aji Santoso. Green Force mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 di menit ke-51 melalui gol Aryn Williams.

BACA:  Di Piala Presiden, RD Lebih Unggul Dibanding Djanur

Melalui situasi set piece, Diogo campos mengirim umpan matang mengarah ke kotak penalti yang disambut oleh tandukan keras Aryn Williams. Gol ini merupakan gol perdana Aryn di Liga 1 musim ini semenjak bergabung di putaran kedua.

Pasca gol kedua Persebaya, kubu tuan rumah lebih keluar menyerang dan berbalik menguasai penguasaan bola. Beberapa kali kubu tuan rumah membahayakan gawang Persebaya melalui skema tendangan bebas dan serangan balik cepat.

Skema set piece benar-benar menjadi momok Persebaya dalam pertandingan ini, kembali jala Imam Arief harus bergetar melalui tandukan yang berawal dari tendangan bebas. Pada menit ke-71, Wawan Febriyanto yang mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Persebaya mengirim umpan tajam yang mampu disambut sundulan berbuah gol oleh Kurshed Beknazarov.

Pada menit ke-81 Tira Persikabo sebenarnya mempunyai peluang untuk kembali unggul melalui hadiah penalti, Osas Saha yang berlari sendirian didepan gawang, dilanggar oleh Otavio Dutra. namun eksekusi Osas Saha mampu ditepis oleh Imam Arief.

Menjelang akhir laga, pertahanan Persebaya digempur habis-habisan oleh Tira Persikabo, namun masih bisa diredam oleh Hansamu Yama dkk yang bermain cukup lugas dalam open play.

Kelengahan lini belakang Persebaya dalam mengantisipasi situasi set piece menjadi sorotan dalam laga ini, dua gol tim tuan rumah adalah hasil dari situasi tersebut. Secara keseluruhan penampilan Persebaya sudah sedikit terlihat perubahan dalam skema dan membangun serangan. Tidak terburu-buru dalam passing dan disiplin menjaga area masing-masing, namun pekerjaan rumah sudah menanti Aji Santoso untuk meramu pertahanan agar lebih sigap mengantisipasi bola mati tim lawan.

Persebaya masih tertahan di posisi ke-11 klasemen sementara, terpaut 3 poin dari tim di posisi ke-10. Langkah untuk merangsek ke atas agaknya sedikit sulit karena hari ini belum meraih 3 poin. Meski begitu, hasil imbang ini terasa seperti hasil kemenangan setelah nyaris kalah oleh tuan rumah. (rgl)

Komentar Artikel