Kata Aji Santoso Soal Bonek Yang Tetap Datang ke Stadion Pakansari

332
Bonek di Stadion Pakansari. Foto: EJ

EJ – Ratusan Bonek tampak mendukung Persebaya dari tribun saat tim kesayangannya berhadapan dengan Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor (9/11/2019). Padahal, Persebaya sedang menjalani sanksi larangan penonton hingga akhir musim.

Karena dukungan Bonek itu, Persebaya berpotensi mendapat tambahan hukuman. Sebelumnya Green Force sudah dihukum bertanding tanpa penonton dalam laga kandang dan tandang serta denda sebesar Rp 200 juta.

Meski begitu, Aji menilai Persebaya seharusnya tidak mendapat hukuman tambahan. Selain karena manajemen sudah berusaha keras untuk menertibkan, mayoritas Bonek yang datang ke stadion juga melepas atribut hijau-hijau khas Persebaya dan Bonek.

“Dengan hadirnya Bonek di sini, terus menambah hukuman, menurut saya juga tidak fair. Karena kami sudah menyampaikan bahwa pertandingan tanpa penonton. Tim sudah melarang Bonek hadir,” kata Aji.

“Mungkin yang datang Bonek sekitar sini, kami juga tidak bisa melarang. Tetapi saya juga tidak melihat ada tribun Bonek,” tambah pelatih 49 tahun itu.

Ya, tidak menggunakan atribut hijau, Bonek yang datang kebanyakan menggunakan kostum dengan warna netral seperti hitam atau putih. Meski begitu, dukungan Bonek tetap menggema di Stadion Pakansari. Sepanjang pertandingan chant dukungan untuk Persebaya nyaring terdengar.

Persebaya sendiri akhirnya hanya mampu membawa pulang 1 poin setelah mendapat hasil imbang 2-2. Bonek yang datang tetap mendukung dengan tertib sampai pertandingan usai.

“Ini namanya Bonek. Kami tidak bisa melarang mereka dan pasti mereka akan datang. Inilah Bonek,” kata kapten Persebaya, Ruben Sanadi. “Tapi, semua kembali ke PSSI, kami sudah sampaikan lewat manajemen, kami akan berjalan di depan dan maju terus,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel

BACA:  Ruben Cedera, Berjalan Pincang, dan Butuh Pemeriksaan Lanjutan