Ayo Menjadi Donatur Emosijiwaku.com!

Foto: EJ
Iklan

EJ – Empat tahun lalu, tepatnya 16 Oktober 2015, Emosijiwaku.com (EJ) lahir. Media baru ini kami buat untuk memberitakan tentang Persebaya. Waktu itu, tak ada satu pun media yang mengkhususkan diri memberitakan Persebaya secara serius. Padahal di kota-kota lain seperti Bandung dan Malang, ada media khusus yang dibikin untuk memberitakan tentang tim kotanya.

Bermodal nekat, kami menjalankan media ini dengan sukarela. Dengan konsistensi kami memberitakan Persebaya setiap hari, jumlah pembaca website dan pengikut media sosial bertambah banyak. Kondisi tersebut membuat kami harus berputar otak mendatangkan revenue yang akan dipakai untuk menutup biaya operasional. Server harus di-upgrade dan kualitas konten juga harus ditingkatkan.

Salah satu berita di laporan khusus EJ tentang kerusuhan usai laga lawan PSS.

Beruntung, banyak sukarelawan yang bersedia membantu. Kami juga membuka program buat kontributor penulis buat Bonek yang menyukai dunia jurnalistik. Mereka menyuplai berita dan tulisan berkualitas kepada EJ. Setiap berita yang dikirim kami hargai dengan rupiah.

Kami juga berusaha meningkatkan kualitas konten di semua kanal media yang kami miliki. Tak hanya di website dan media sosial, kami juga mengembangkan jurnalisme video melalui kanal YouTube bernama EJ Channel. Video-video yang kami buat ternyata banyak disukai yang terbukti dengan banyaknya jumlah viewers. Interaksi yang terlihat di kolom komentar juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Iklan
BACA:  Ulang Tahun ke-4 dan Visi Misi EJ ke Depan
EJ Channel, salah satu kanal YouTube EJ yang menyajikan liputan-liputan video journalism.

Kami juga ingin konsisten membuat laporan khusus tentang Persebaya dan Bonek. Laporan ini berisi berita-berita tentang sebuah permasalahan yang sedang hangat dan akan dibahas lebih mendalam. Harapan kami, laporan ini bisa menjadi bahan referensi bagi pembaca, Bonek, dan pecinta Persebaya.

Tujuan kami hanya satu yakni membuat konten-konten berkualitas sebanyak-banyaknya. Kami akan membuat liputan berita-berita tentang Persebaya dan Bonek yang jarang di-ekspose media mainstream.

Poster tentang laporan khusus kerusuhan usai laga lawan PSS.

Sumber Pemasukan

Selama ini, kami mengandalkan pemasukan dari sponsor. Namun kami tak bisa sepenuhnya mengandalkan sponsor karena persaingan memperebutkan kue iklan sangat ketat. Terkadang, sponsor juga sulit untuk mengeluarkan bujet untuk media-media komunitas seperti EJ. Kami juga menerima donasi dari Bonek yang menyukai konten-konten yang ada di kanal media EJ. Namun jumlahnya belum seberapa untuk menutup biaya operasional.

BACA:  Mengapa EJ Membuka Kolom Donasi

Untuk biaya operasional dan pengembangan kualitas konten, kami menargetkan jumlah Rp 20 Juta/bulan. Jumlah itu untuk biaya server, penambahan kru, gaji kru, honor kontributor, dan biaya peliputan.

Tujuan kami membuka kolom donasi di kitabisa.com adalah mengajak pembaca dan Bonek untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan EJ. Media ini harus tetap hadir agar terus memberitakan tentang Persebaya dan Bonek dari sudut pandang fans. Karena EJ adalah milik Bonek yang mencintai Persebaya.

Dukungan dari Anda akan membuat kami bisa terus meningkatkan kualitas konten di kanal-kanal media yang kami miliki. Dukungan tersebut bisa membuat EJ terus hadir selamanya. (*)

Anda bisa melakukan donasi via kitabisa.com di sini >> JADI DONATUR EJ!

Komentar Artikel

Iklan

No posts to display