Lakukan Rotasi, Aji Santoso Minta Pemain Tak Sia-Siakan Kesempatan

204
Latihan Persebaya di GDS, Senin (18/11). Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Persebaya Surabaya masih akan tampil tanpa beberapa pemain dalam laga selanjutnya melawan Persipura Jayapura, Minggu (24/11/2019). Meski begitu, bagi pelatih Aji Santoso, ini adalah kesempatan bagi pemain pengganti untuk menunjukkan diri layak masuk dalam tim inti.

Dua gelandang jangkar Aryn Williams dan Muhammad Hidayat dipastikan absen karena akumulasi kartu. Sedangkan bek Novan Setya dan Otavio Dutra juga absen karena alasan yang sama.

Itu masih ditambah dua pemain lain yaitu Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto yang terpilih masuk kedalam skuad SEA Games 2019. Total akan ada 6 pemain absen dalam laga pekan ke-28 Liga 1 yang akan diselenggarakan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong itu.

Meski dihadapkan pada masalah pemain absen, Aji tak gentar. Ia meminta siapapun yang dipilih agar bisa menunjukkan performa maksimal di lapangan.

“Saya tekankan kepada seluruh pemain, jangan sampai kesempatan yang saya berikan disia-siakan, mereka harus tampil maksimal. Jadi saya memasang siapa saja tidak ada masalah,” kata Aji. 

“Kemarin saya juga rotasi. Novan yang tidak pernah main saya mainkan, terus (Misbakus) Solikin saya beri kesempatan starter. Artinya, saya menciptakan satu suasana kompetisi persaingan yang sehat, biar mereka tidak berleha-leha di dalam latihan,” tambahnya.

Ya, dalam laga dua laga sebelumnya, Aji memang menurunkan beberapa pemain pelapis. Selain Novan dan Misbakus dalam laga melawan PSM Makassar (14/11/2019), Aji juga sempat menurunkan winger Elisa Basna dalam laga melawan Tira Persikabo (9/11/2019).

Kebijakan menurunkan pelapis itu masih akan terus berlanjut selama masih ada beberapa pemain utama yang absen. Tapi, kembali lagi, Aji percaya, siapapun yang main bisa menunjukkan performa maksimal.

“Saya tumbuhkan kepada mereka untuk benar-benar loyal terhadap profesi mereka dan total buat Persebaya. Itu yang selalu saya tanamkan kepada pemain Persebaya,” tandasnya. (riz)

Komentar Artikel

BACA:  Irfan Jaya Persembahkan Gol Untuk Bonek