Persipura Kalah 0-4, Pelatih Persebaya Enggan Sesumbar

182
Aji Santoso. Foto: Rizka Perdana Putra/EJ

EJ – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso enggan menganggap kekalahan Persipura Jayapura 0-4 atas PSM Makassar (18/11/2019) sebagai sebuah keuntungan. Menurut Aji, Persebaya juga dihadapkan pada situasi kurang menguntungkan.

Persipura gagal meraih kemenangan dalam 3 laga terakhirnya. Selain kalah 0-4 lawan PSM, Persipura juga hanya meraih hasil imbang 2-2 melawan Bali United (11/11/2019) dan kalah 1-3 dari Bhayangkara FC (7/11/19).

Meski sudah menganalisis beberapa kelemahan Persipura, khususnya seusai Mutiara Hitam kalah 0-4 lawan PSM, Aji lebih fokus mempersiapkan Persebaya yang terancam tampil tanpa sejumlah pilar.

“Saya kemarin memang sudah nonton pertandingan (Persipura), tapi saya juga tidak bisa sampaikan ke publik. Yang jelas dan terpenting anak-anak harus tampil maksimal, minimal bisa mendapatkan poin walaupun tidak mudah,” kata Aji.

“Tidak mudahnya kenapa? Karena Persipura dihuni pemain yang sudah malang melintang di sepakbola. Kedua, kami tidak tampil full team,” tambah mantan pelatih Persela Lamongan dan PSIM Yogyakarta itu.

Jelang menghadapi Persipura di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Persebaya memang -masih- terancam tampil tanpa sejumlah pemain pilar.

Empat pemain yaitu Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Novan Setya Sasongko dan Otavio Dutra absen karena akumulasi kartu. Sedangkan Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay juga masih bergabung dengan timnas U-22 untuk SEA Games 2019.

Itu masih ditambah dua pemain yang diragukan tampil yaitu Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando. Irfan absen dalam latihan terakhir, Selasa (19/11/2019) karena sakit demam sedangkan Oktafianus masih belum menjalani latihan penuh karena pemulihan cedera.

Nah, jika seluruh pemain yang disebut itu akhirnya benar-benar absen, Aji berencana memakai jasa pemain Persebaya U-20.

Kini ada empat pemain skuad U-20 yang sudah didaftarkan di tim senior. Mereka adalah Mochammad Supriadi, Muhammad Kemaluddin, Koko Ari Araya dan Zulfikar Ahmad.

“Untuk melengkapi 18 pemain saya mungkin menaikkan pemain U-20, karena kami tidak ada pilihan lain,” kata Aji. (riz)

Komentar Artikel

BACA:  Rapor Pemain Persebaya vs Persipura: Da Silva Curi Gol, Lini Belakang Cleansheet